Spanyol Jadi Negara ke-11 Lolos ke Piala Dunia 2018

Spanyol Jadi Negara ke-11 Lolos ke Piala Dunia 2018
Pemain Spanyol merayakan gol atas Albania
Sabtu, 07 Oktober 2017 08:01 WIB

MADRID - Spanyol resmi menjadi negara ke-11 yang lolos ke Piala Dunia 2018. Mereka menyusul 10 negara lain yang sudah terlebih dahulu mengamankan tiket ke Rusia. Mungkinkah tahun depan, La Roja bakal membayar keterpurukan mereka seperti yang terjadi di Brasil pada 2014?

Spanyol punya catatan suram di Brasil 2014, yaitu juara bertahan terburuk sepanjang sejarah. Disebut demikian karena mereka langsung hancur di penyisihan grup, bahkan dibantai oleh semifinalis Belanda dengan skor telak 1-5. Namun tiga tahun berselang, dengan skuat yang lebih muda, La Roja mengamankan jalan untuk berangkat lagi ke Piala Dunia.

Kemenangan 3-0 atas Albania pada Sabtu (7/10) menjadi kunci. Parade gol Rodrigo, Isco, dan Thiago Alcantara di Estadio Jose Rico Perez, Alicante membuat total Spanyol mengoleksi 25 poin.

Jumlah ini tidak mungkin terkejar lagi oleh Italia, yang justru bermain imbang di kandang sendiri melawan Makedonia 1-1. Italia sendiri, dengan 20 poin, sudah pasti keluar sebagai runner-up Grup Gdan akan menjalani babak play-off dengan tim Eropa lainnya.

Kampanye Spanyol di kualifikasi Piala Dunia 2018 sendiri tergolong apik, karena mereka hanya seri sekali dan menang delapan kali dalam sembilan pertandingan. Pelatih Julen Lopetegui juga memberikan kesempatan untuk generasi muda mengisi ruang yang ditinggalkan generasi emas La Roja. Maka muncullah nama seperti Marco Asensio, Gerard Deulofeu, Kepa Arrizabalaga, atau Suso yang sempat mengisi skuat tim ini.

Bagi Spanyol, keberhasilan lolos ke Piala Dunia bukanlah cerita baru. Negara ini bahkan memegang catatan selalu masuk putaran final sejak tahun 1978, alias bertahan selama 40 tahun hingga di Rusia mendatang.

Spanyol menyusul beberapa negara lain yang sebelumnnya sudah memesan tiket otomatis lolos. Mereka adalah Rusia sang tuan rumah, disusul oleh Brasil (zona CONMEBOL), kemudian Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi (zona AFC), Meksiko (zona CONCACAF).

Selain itu negara Eropa yang sudah pasti berangkat ke Rusia adalah Belgia, Jerman, dan Inggris. Masih ada 21 tiket lain yang akan diperebutkan sepanjang bulan ini; mengingat kuota peserta putaran final tahun depan masih 32 tim.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sidomi.com
Kategori:Soccer
wwwwww