Xavi Hernandez Prediksi Liga Cina Bakal Kalahkan Eropa

Xavi Hernandez Prediksi Liga Cina Bakal Kalahkan Eropa
Valentino Rossi berpose bersama Xavi Hernandez jelang bertanding sepakbola di Dome Aspire Academy, Qatar, 17 Maret 2016. Pertandingan sepakbola persahabatan ini diikuti oleh Rossi jelang berlaga di MotoGP Qatar pada 20 Maret nanti. [motogp.com]
Sabtu, 07 Januari 2017 16:11 WIB
JAKARTA - Pemain bola legendaris, Xavi Hernandez mengungkapkan ketertarikannya dengan liga sepak bola Cina yang berani merekrut pemain papan atas dari Eropa. "Cina menunjukkan bahwa mereka memiliki keuangan yang baik untuk menarik pemain terbaik di Eropa," kata Xavi seperti dikutip dari The Sun pada Jumat, 6 Januari 2017.

Xavi mengatakan Cina menunjukkan keseriusannya untuk menjadi wadah pemain terbaik dunia. Karena selama ini, satu-satunya tujuan pemain top di dunia hanya berkiblat pada Eropa. "Kami melihat beberapa pemain terbaik bergabung dengan MLS, biasanya mereka bertahan sampai akhir karir mereka."

Menurut dia, apa yang dilakukan klub-klub raksasa di Cina adalah gebrakan. Mereka telah menarik pemain papan atas dunia untuk bergabung dengan liga sepak bola Cina. Apalagi gaji yang ditawarkan setiap klub ke pemain sangat mengejutkan.

Kata dia, tak ada klub di Eropa yang mampu memberi upah seperti halnya di Cina. Menurut Xavi, ini menunjukkan kekuatan keuangan klub di Cina begitu besar. Bahkan mereka sempat menawarkan gaji fantastit kepada dua bintang sepak bola, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo agar bersedia bergabung dengan klub di Cina.

Xavi memprediksikan Cina akan menciptakan liga sepak bola yang kompetitif dengan pemain top dan pelatih papan atas. Artinya ini menjadi pilihan, bahwa Eropa bukan satu-satunya pilihan menjadi pemain terbaik dunia.

Beberapa waktu lalu, seorang agen Cristiano Ronaldo, Jorge Mendes mengungkapkan bahwa pihaknya baru saja menolak tawaran senilai Rp 4,2 triliun untuk Ronaldo. Sejauh ini klub-klub di Cina telah merekrut Carlos Tevez dengan gaji 650 Euro per pekan. Pemain Arsenal, Alexis Sanchez juga mendapatkan tawaran 400 ribu Euro per pekan.

Sebelumnya, Xavi telah mengakhiri kontraknya dengan Barcelona sejak Mei 2015. Ia pindah ke klub asal Qatar bernama Al-Saad. Dia memiliki proyek akademi sepak bola di negara itu. Ia menjadi salah satu direktur akademi olahraga.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:tempo.co
Kategori:Soccer
wwwwww