Kilas Balik Pertarungan Indonesia versus Filipina

Kilas Balik Pertarungan Indonesia versus Filipina
Timnas Indonesia saat menjalani latihan. Foto/PSSI
Selasa, 22 November 2016 14:51 WIB
BOCAUE - Tim nasional Indonesia akan melakoni laga kedua di babak penyisihan grup A Piala AFF. Usai takluk 2-4 dari Thailand, Indonesia akan menghadapi sang tuan rumah Filipina di Philippine Sports Stadium, Selasa (22/11/2016).

Jelang pertandingan, Filipina diliputi kepercayaan diri tinggi. Pada bentrokan terakhirnya dengan Indonesia, mereka menang telak empat gol tanpa balas. Namun tim asuhan Thomas Dooley tetap harus berhati-hati. Sebab dalam catatan head to head, Filipina masih kalah dari Tim Merah-Putih. Dalam lima pertemuan, Filipina cuma menang satu kali. Sisanya, satu laga berakhir imbang dan tiga lainnya jadi milik Indonesia.

Berikut catatan singkat sejarah pertemuan kedua tim;

1. Filipina 0 – 1 Indonesia (Semifinal Piala AFF - 16 Desember 2016)

Pada Piala AFF 2010 lalu, Filipina tampil dengan skuat yang mengerikan. Mereka mengandalkan banyak pemain naturalisasi dan contoh yang paling bersinar adalah Phil Younghusband, James Younghusband serta Neil Etheridge.

Ketiganya merupakan pemain yang dididik oleh akademi Chelsea. Mereka tampil mengagumkan selama babak penyisihan grup dan sempat menebar ancaman untuk Timnas Indonesia.

Untungnya, saat itu Indonesia bisa meraih kemenangan pada leg pertama babak semifinal. Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia menang 1-0 lewat gol Christian 'El Loco' Gonzales.

2. Indonesia 1 – 0 Filipina (Semifinal Piala AFF - 19 Desember 2010)

Leg kedua semifinal kembali digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada kesempatan ini, Indonesia lagi-lagi menang 1-0 dan gol kembali diciptakan oleh El Loco.

Demi menyamakan aggregat, Filipina menghalalkan berbagai cara termasuk permainan keras. Alhasil wasit mengeluarkan empat kartu kuning dan satu kartu merah untuk tim asuhan Simon McMenemy. Filipina akhirnya gagal mengejar ketertinggalan dan mereka kalah aggregat 0-2. Dengan hasil tersebut, Indonesia melaju ke partai pamungkas untuk menantang Malaysia.

3. Filipina 2 – 2 Indonesia (Laga Persahabatan - 5 Juni 2012)
Pertandingan persahabatan ini dijadikan kedua tim sebagai ajang persiapan jelang Piala AFF 2012. Tampil di Rizal Memorial Stadium, Indonesia secara mengejutkan ditahan 2-2 oleh Filipina.

Indonesia sempat unggul lebih dulu lewat gol Patrich Wanggai menit 58. Tapi semenit kemudian, Filipina langsung membalasnya melalui aksi James Younghusband.

Laga makin berjalan seru sebab di menit 61, Indonesia kembali unggul lewat gol Irfan Bachdim. Namun sayang, keunggulan itu tidak bisa dipertahankan oleh skuat Merah Putih. Pada menit 84, Filipina menyamakan kedudukan lewat Phil Younghusband.

Ini jadi hasil imbang kedua yang diraih Filipina saat bertemu Indonesia. Pertama kali mereka mengimbangi Tim Garuda terjadi pada SEA Games 1977 lalu.

4. Indonesia 2 – 0 Filipina (Laga Persahabatan - 14 Agustus 2013)
Kedua tim kembali menggelar laga uji coba pada 14 Agustus 2013. Tampil di Stadion Manahan Solo, Indonesia menang dua gol tanpa balas.

Indonesia yang kala itu dilatih Jacksen F Tiago membuka keunggulan pada menit 31. Memanfaatkan umpan Stefano Lilipaly, Greg Nwokolo sukses menjebol gawang Filipina.

Gol tambahan dicetak Muhammad Roby menit 67. Berawal dari sepak pojok Ahmad Bustomi, bola kemudian disundul Roby dan masuk ke gawang.

5. Filipina 4 – 0 Indonesia (Babak Penyisihan Grup A Piala AFF - 25 November 2014)
Timnas Indonesia tampil buruk di Piala AFF dua tahun lalu. Pada babak penyisihan grup A, Zulham Zamrun dan kawan-kawan dibantai 0-4 oleh Filipina.

Masing-masing gol diciptakan Phil Younghusband (menit 16), Manuel Ott (menit 52), Martin Steuble (menit 68) dan Robert Gier (menit 79). Uniknya, keempat pencetak gol merupakan pemain naturalisasi Filipina. Gier dan Younghusband berasal dari Inggris, Ott asal Jerman dan Steuble dari Swiss. Ini menjadi kemenangan pertama Filipina atas Timnas Indonesia. 

Editor:Kamal Usandi
Kategori:Soccer
wwwwww