Jokowi Janji Bangun Istana Presiden di Papua Tahun Depan

Jokowi Janji Bangun Istana Presiden di Papua Tahun Depan
Jokowi menerima 61 tokoh Papua dan Papua Barat, di Istana Negara, Selasa (10/9). (lp6c)
Selasa, 10 September 2019 13:11 WIB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan kepada para tokoh Papua akan membangunan istana presiden di Papua mulai tahun depan.

Pembangunan istana presiden di Papua merupakan usulan para tokoh Papua. Perwakilan tokoh Papua menyebut bahwa pihaknya sudah mengalokasikan 10 hektare tanah untuk pembangunan istana presiden di sana.

''Mengenai istana presiden, yang di sana itu kan sulitnya tanah, bener 10 hektare gratis? Benar sudah ada?'' Seloroh Presiden Jokowi dan disambut tawa hadirin di Istana Negara, Selasa (10/9/2019), seperti dikutip dari liputan6.com.

Jokowi lalu berbicang dengan beberapa menteri yang menemaninya menyambut para tokoh Papua.

''Muai tahun depan istana akan dibangun di sana,'' kata Jokowi.

Sontak seluruh tamu undangan bersorak dan membuat riuh ruangan.

Terima 61 Tokoh Papua

Presiden Joko menerima 61 tokoh dari Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019) siang. Adapun 61 tokoh ini terdiri dari tokoh adat, agama, kepala suku, aktivis hingga akademisi.

Berdasarkan pantauan, Jokowi tiba di Istana Negara sekitar pukul 11.00 WIB. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu langsung menyalami para tokoh dari Papua dan Papua Barat satu per satu.

Puluhan tokoh yang datang itu kompak mengenakan topi rumbai. Begitu juga para menteri yang mendampingi Jokowi. Sementara, mantan Wali Kota Solo itu memakai baju kemeja bewarna putih.

Dalam pertemuan ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM Wiranto, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Ada pula Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kogoya.

Acara ini dibuka terlebih dahulu oleh Kepala BIN Budi Gunawan. Dia berharap melalui pertemuan ini para tokoh Papua dan Papua Barat menyampaikan aspirasinya langsung kepada Jokowi untuk memajukan dan mewujudkan kesejahteraan di Bumi Cendrawasih itu.

''Tentunya di dalam kesempatan yang sangat luar biasa ini dapat menyampaikan aspirasi tentang bagaimana memajukan Papua,'' ucap Budi.

Kemudian, Budi Gunawan mempersilahkan salah satu tokoh Papua bernama Abisai Rolio untuk menyampaikan aspirasinya. Jokowi sendiri tampak serius mendengarkan aspirasi dari tokoh Papua tersebut. ***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77