Wali Kota Eindhoven Larang Kelompok Anti-Islam Pegida Demo Dekat Masjid

Wali Kota Eindhoven Larang Kelompok Anti-Islam Pegida Demo Dekat Masjid
Kelompok anti Islam Pegida. (republika.co.id)
Jum'at, 06 September 2019 07:15 WIB
EINDHOVEN Wali Kota Eindhoven, Jan Jorritsma, melarang kelompok anti-Islam dari Jerman, Pegida, melakukan demonstrasi dekat Masjid Eindhoven, Belanda.

Dikutip dari republika.co.id, kepada penyiar lokal, Jan Jorritsma mengatakan, organisasi yang hanya memiliki beberapa anggota tersebut dibolehkan unjuk rasa di alun-alun di depan balai kota.

Sebelumnya, pada akhir Mei lalu, demonstrasi di dekat masjid sempat berakhir dengan kerusuhan setelah ratusan penduduk setempat melakukan protes balasan. ''Sejak saat itu, semua permintaan untuk unjuk rasa di dekat masjid telah ditolak,'' ujar Jan seperti dilansir Dutch News, Kamis (5/9).

Jan Jorritsima juga menegaskan kebijakan itu akan berlanjut hingga waktu yang belum ditentukan. Ia menambahkan, hak untuk menunjukkan kebebasan berekspresi masih menjadi yang terpenting. Oleh karena itu, Jan memperbolehkan alun-alun balai kota menjadi satu-satunya tempat unjuk rasa bisa dilakukan. 

''Daerah tersebut memiliki keamanan yang terjamin,'' katanya.

Kelompok tersebut juga nyatanya memiliki kontroversi. Salah satunya adalah, ketua Pegida yang sempat dilarang memasuki Inggris pada Maret tahun lalu. Pendiri Kelompok Pegida, Lutz Bachman itu sempat ditolak ketika mendarat di bandara Stansted.

Bahkan tak lama setelahnya ia langsung dideportasi. Kunjungan tersebut awalnya untuk mengunjungi Tommy Robinson, mantan Ketua English Defence League, yang merupakan cabang Pegida di Inggris. Border Force Inggris memiliki otoritas menolak setiap kedatangan yang bisa membuat suasana publik tidak kondusif.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/