Prakiraan BMKG, Riau Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini Hingga Lusa

Prakiraan BMKG, Riau Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini Hingga Lusa
Tim pemadam memadamkan kebakaran lahan gambut di Pelalawan, Riau. Kekeringan akibat rendahnya curah hujan memicu terjadinya kebakaran lahan gambut di sejumlah wilayah di Riau. (republika.co.id)
Rabu, 14 Agustus 2019 18:06 WIB
JAKARTA - Hujan lebat berpotensi terjadi di sejumlah provinsi di Indonesia dari tanggal 14 hingga 16 Agustus 2019.

Demikian menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Rabu (14/8/2019). BMKG memaparkan, diantara daerah yang berpotensi hujan pada hari ini hingga besok adalah Aceh, Sumatera Barat, Riau dan Papua.

''Sedangkan untuk Jumat, 16 Agustus 2019, beberapa wilayah yang masih berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Barat, Riau dan Papua,'' tulis BMKG, seperti dikutip dari liputan6.com.

Sementara itu, wilayah Indonesia yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir pada hari ini hingga besok, yaitu Sumatera Utara dan Kalimantan Barat.

Kemudian, pada Jumat, 16 Agustus 2019, wilayah yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir hanya Kalimantan Barat.

BMKG menjelaskan, potensi hujan lebat disebabkan intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah Samudera Hindia Barat Perairan Selatan Jawa hingga Teluk Carpentaria Australia.

Kondisi tersebut mengurangi kelembaban udara atau massa udara basah di lapisan bawah dan menengah, sehingga menyebabkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewatinya.

''Namun demikian, kondisi tersebut meningkatkan potensi pembentukan awan hujan pada wilayah di depan area intrusi massa udara kering akibat terbentuknya massa udara yang basah dan lembab di lapisan bawah,'' tulis BMKG.

BMKG pun mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di daerah-daerah tersebut untuk tetap berhati-hati. Apalagi ketika melakukan kegiatan di luar.

''Persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan,'' tandas BMKG.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/