Briptu Hedar Tewas Ditembak KKB, JK: Harus Diserang Balik

Briptu Hedar Tewas Ditembak KKB, JK: Harus Diserang Balik
Briptu Hedar. (liputan6.com)
Selasa, 13 Agustus 2019 17:15 WIB
JAKARTA - Anggota Polda Papua Briptu Hedar tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Usir, Kabupaten Puncak, Papua, Senin (12/8/2019).

Dikutip dari liputan6.com, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan, turut berduka cita atas meninggalnya Briptu Hedar saat menjalankan tugasnya.

''Ya tentu kita merasa berduka cita. Memang di daerah konflik selalu ada korban. Tapi yang penting kita selesaikan masalahnya. Secara umum. Supaya Papua itu lebih aman,'' kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (13/8/2019).

Sebab itu dia menegaskan, untuk menyelesaikan masalah itu dengan cara menumpas KKB sampai akarnya. Kalau tidak Indonesia akan dinilai rendah.

''Tetapi apabila ada yang menyerang aparat polisi negara. Harus diselesaikan, harus diserang balik. Itu harus. Kalau diterima begitu saja itu salah,'' ungkap JK.

Briptu Hedar sebelumnya ditemukan tewas usai disergap dan disandera kemudian dibunuh oleh pelaku yang diduga dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Sedangkan Bripka Alfonso, polisi yang bersama Hedar berhasil kabur dan melapor ke Pos Polisi Kago, Kabupaten Puncak.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, Hedar tengah menyelidiki suatu kasus dan bertemu Alfonso di lokasi penyergapan untuk bertukar informasi terkait kasus tersebut. Mereka memang melalui jalur berbeda untuk mengumpulkan hasil penyelidikan sementara masing-masing.

Ditembak KKB

Saat tiba di lokasi yang disepakati Hedar dan Alfonso, tiba-tiba Hedar dipanggil oleh temannya, polisi yang juga menyelidiki kasus yang sama.

''Pada saat dilakukan pemanggilan tersebut, secara mendadak di distrik Puncak Jaya tersebut muncullah kelompok KKB melakukan penyergapan terhadap Briptu Hedar,'' tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/8).

Menurut Dedi, Briptu Hedar sempat dibawa kelompok KKB. Namun saat merasa ada kesempatan kabur, dia mencoba untuk melarikan diri.

''Pada saat melarikan diri, tertembak oleh kelompok KKB tersebut,'' jelasnya. ***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/