Loading...
Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Tim Qurban Berkah Nusantara Salurkan Hewan Kurban ke Mualaf di Pedalaman

Tim Qurban Berkah Nusantara Salurkan Hewan Kurban ke Mualaf di Pedalaman
Dai tangguh BMH di Pedalaman Kutai Barat, Muhammad Taufik membawa hewan kurban dari Tering menuju Long Melahan Mahulu, Kutai Barat. (republika.co.id)
Jum'at, 09 Agustus 2019 09:29 WIB
JAKARTA - Tim Qurban Berkah Nusantara Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) sudah memasuki pedalaman, guna mempersiapkan pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha 1440 H sekaligus pemotongan hewan kurban yang disalurkan umat Islam melalui BMH. Tim didampingi dai tangguh di beberapa wilayah pedalaman.

''Alhamdulillah kami di pedalaman Kutai Barat, tepatnya di Kabupaten Mahulu sudah tiba dari Kecamatan Tering untuk mengambil hewan kurban dari peternak di sana. Perjalanan cukup panjang, satu jam darat, kemudian lanjut naik kapal kayu menuju Kecamatan Tering,  Kutai Barat,'' ungkap Tim Qurban Berkah Nusantara Wilayah Kalimantan Timur, Jamal ditemani dai tangguh BMH di Mahulu, Muhammad Taufik, Kamis  (8/8/2019).

''Karena perjalanan cukup panjang maka di kapal pun, kami  harus bawa rumput untuk makan hewan kurban,'' imbuh Jamal melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (9/8).

Ia menambahkan, daging hewan kurban di Mahulu akan dinikmati oleh saudara-saudara mualaf suku Dayak yang berada di Kampung Long Melahan.

''Qurban Berkah Nusantara ini benar-benar akan menguatkan syiar dakwah di tengah-tengah masyarakat pedalaman yang tentu saja sangat haus dengan pembinaan dan pencerahan,'' ungkap Muhammad Taufik.

Sementara itu, Tim Qurban Berkah Nusantara untuk Wilayah Maluku Utara baru tiba di Ternate dan dijadwalkan malam ini dibagi menjadi dua tim.

''Kami di Maluku Utara menyiapkan dua tim. Satu tim ke mualaf Suku Togutil. Satu lagi menuju Halmahera Selatan untuk menyalurkan kurban ke saudara-saudara kita terdampak musibah gempa bumi di sana,'' terang Kepala BMH Perwakilan Maluku Utara, Arif Ismail.

Secara nasional, Tim Qurban Berkah Nusantara telah bergerak ke beberapa pedalaman, seperti di Papua, Sulawesi Tengah, Konawe Utara, Suku Anak Dalam, Baduy dan ke masyarakat terdampak kekeringan di Gunung Kidul.

''Qurban Berkah Nusantara memang menyasar tiga kriteria daerah, pertama pedalaman; kedua,  daerah terdampak musibah. Ketiga, adalah masyarakat terdampak kekeringan. Harapan kami,  ini bisa menjadi sebuah jawaban atas kebutuhan saudara-saudara kita di sana. Dan, Idul Qurban adalah momentum yang bisa menghadirkan itu semua,'' tutur Direktur Program dan Pemberdayaan BMH Pusat, Zainal Abidin.***

Editor : hasan b
Sumber : republika.co.id
Kategori : SerbaSerbi

Loading...
www www