Kapolri Ungkap 400 Kombes Berebut Jadi Brigjen, Banyak yang Cari Dukungan dan Keluarkan Uang

Kapolri Ungkap 400 Kombes Berebut Jadi Brigjen, Banyak yang Cari Dukungan dan Keluarkan Uang
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (sinarharapan.co)
Rabu, 17 Juli 2019 20:57 WIB
JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan, ada 400 polisi berpangkat komisaris besar (kombes) berebut naik pangkat menjadi brigadir jenderal (brigjen).

''Kepangkatan seolah-olah menjadi ukuran atas performance, achievement, ya ini yang kombes pasti mati-matian menjadi brigjen, terjadi bottleneck yang sangat tinggi saat ini, bagaimana 400 orang lebih berkompetisi mendapatkan bintang satu yang jumlahnya dua atau tiga orang per bulan,'' kata Tito dalam acara wisudawan purna bakti perwira tinggi Polri di auditorium PTIK-STIK, Jl Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/7), seperti dikutip dari merdeka.com.

Saking banyaknya yang ingin naik bintang satu, kata Tito, tak sedikit yang mencari dukungan dan mengeluarkan uang. Hal itu, katanya, menjadi rahasia umum.

''Kita tahu Polri ini kita diajari intelijen dari dulu termasuk dalam kemampuan penggalangan, jadi galang menggalang ke sana ke mari bergerak manuver ilmunya kita termasuk manuver ke sana ke mari juga untuk mendapatkan bintang satu minimal,'' kata Tito.

''Ditambah lagi, banyak juga yang punya logistik, udah galang, logistik lagi, nah itulah yang saya rasakan sebagai Kapolri, Pak Wakapolri juga paham mungkin bagaimana titipan, tekanan dan seterusnya,'' sambungnya.

Eks Kepala BNPT itu juga mengaku dilema terkait kombes yang berbeda angkatan. Menurutnya, kadang yang yunior lebih dipertimbangkan naik bintang satu lantaran semangat bekerjanya lebih baik.

''Yang repot adalah yang kombes-kombes senior ini rata-rata mohon maaf mungkin bagian tengahnya, yang yunior-yunior ini bagian atas puncaknya mereka di dalam grade sosiometri mereka, idealis mereka masih tinggi, keinginannya sangat kuat bekerja, organisasi otomatis akan mencari mana yang terbaik untuk mendukung,'' tutur Tito.

Tito menceritakan dampak dari menumpuknya status perwira menengah yang tak kunjung naik perwira tinggi. Menurutnya, hal ini disebabkan banyaknya taruna akademi akpol yang terus meningkat, puncaknya di angkatan 88.

''Yang membuat angkatan crowded angkatan 88, 88 a dan 88 b, mohon maaf untuk temen temen angkatan 88, karena ini dua angkatan hampir 400 orang, pama banyak, tapi dampaknya lebih ke sekarang ini, saya merasakan betul,'' tandas Tito.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi

GoSumbar.com Ustaz Abdul Somad Dilaporkan Brigade Meo, Begini Kata Kabid Humas Polda NTT
GoSumbar.com Batal Jadi Paskibraka karena Digantikan Anak Bupati, Koko Bisa Hadir di Istana dan Bersalaman dengan Jokowi
GoSumbar.com Digagalkan Jadi Paskibraka Labuhanbatu, Koko Malah Jadi Petugas Upacara HUT RI di Jakarta dan Hadir di Istana
GoSumbar.com Setelah Gas Air Mata Ditembakkan ke Asrama, 43 Mahasiswa Papua Menyerah dan Diangkut ke Mapolrestabes Surabaya
GoSumbar.com Kapal Bermuatan 80 Penumpang Terbakar di Perairan Tapulaga, 7 Orang Tewas dan Puluhan Hilang
GoSumbar.com Veteran Duduk Paling Belakang Saat Upacara HUT RI di Istana Negara, Cucu Jenderal Sudirman Mengaku Sedih
GoSumbar.com 12 Prajurit TNI Dihadang Kelompok Bersenjata di Trans Wamena-Habema, 2 Tertembak
GoSumbar.com Diledek Gemuk Ketika Ingin Makan Es Krim, Gadis 14 Tahun Tusuk Pacarnya Hingga Tewas
GoSumbar.com Upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi, Anies Baswedan: Ini Tanah Air Kita
GoSumbar.com Begini Penampakan Pesawat Bermuatan 233 Penumpang yang Mendarat Darurat di Ladang Jagung
GoSumbar.com Kawanan Burung Camar Tersedot Mesin, Pesawat Bermuatan 233 Penumpang Mendarat di Ladang Jagung
GoSumbar.com Gunakan Air Suci Pura Basuh Bokong, Bule Ceko Jalani Hukuman Adat di Ubud, Ini Penampakannya
GoSumbar.com Jokowi Ingatkan, Eksekutif dan Legislatif Tak Perlu Studi Banding, Semua Informasi Ada di Smartphone
GoSumbar.com Begini Posisi Gadis Remaja Inggris Saat Ditemukan Tim Pendaki Malaysia di Hutan, Seperti Orang Sedang . . . .
GoSumbar.com Gadis Remaja Inggris Ditemukan Tanpa Busana di Hutan Malaysia, Ini Penyebab Kematiannya Menurut Hasil Autopsi
GoSumbar.com Jokowi Imbau Mal Utamakan Jual Produk-produk Lokal
GoSumbar.com Terima Suap Rp1,8 M, 4 Pegawai Kemenkeu Rekayasa Pajak Perusahaan Diler Mobil Mewah
GoSumbar.com Waspadai Pencurian Mobil Gunakan Obat Perangsang, Begini Modusnya
wwwwww