Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
PJ Gubernur Ribka Haluk Buka UKW Perdana Papua Tengah
Umum
24 jam yang lalu
PJ Gubernur Ribka Haluk Buka UKW Perdana Papua Tengah
2
Johnny Depp Berencana Beli Kastil Tua Bersejarah di Italia
Umum
24 jam yang lalu
Johnny Depp Berencana Beli Kastil Tua Bersejarah di Italia
3
Ditanya Kemungkinan Rujuk dengan Farhat Abbas, Nia Daniaty Pilih Bungkam
Nasional
24 jam yang lalu
Ditanya Kemungkinan Rujuk dengan Farhat Abbas, Nia Daniaty Pilih Bungkam
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/

KJRI Segera Pulangkan Jenazah Sutopo, Akan Dimakamkan di Boyolali

KJRI Segera Pulangkan Jenazah Sutopo, Akan Dimakamkan di Boyolali
Sutopo Purwo Nugroho. (kumparan)
Minggu, 07 Juli 2019 11:00 WIB
JAKARTA - Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho wafat di Rumah Sakit St Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, Ahad (7/7), 02.00 waktu setempat atau 01.00 WIB.

Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia saat menjalani pengobatan kanker paru yang dideritanya.

Dikutip dari merdeka.com, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) menyatakan di saat-saat terakhirnya, Sutopo didampingi oleh istrinya Retno Utami, kerabat dan sejumlah warga Indonesia yang tinggal di Guangzhou.

KJRI berupaya agar jenazah Sutopo dapat segera dipulangkan ke Indonesia secepatnya.

''Kami berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait di Tiongkok seperti pimpinan rumah sakit, Bea Cukai Tiongkok dan pimpinan kantor perwakilan Garuda Indonesia untuk memastikan agar jenazah almarhum dapat dipulangkan ke Tanah Air secepatnya,'' tulis KJRI dalam keterangan resminya, Ahad (7//7).

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan proses pemulangan jenazah Sutopo akan dilakukan secepatnya. Dia mengaku sejauh ini telah berkoordinasi dengan pihak KJRI agar dapat segera melakuan upaya tersebut.

''Teman-teman di KJRI Guangzhou akan terus update kemajuan proses administrasi dan logistik lainnya,' ucap Faizasyah saat dihubungi Liputan6.com, Ahad (7/7/2019)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi sebelumnya telah menghubungi istri Sutopo dan menyampaikan belasungkawa pada pihak keluarga.

Menurutnya Kemlu akan memberikan bantuan maksimal untuk pemulangan jenazah.

''Ibu Menlu sudah bicara secara langsung dengan istri Almarhum, dengan ibu Sutopo menyampaikan belasungkawa dan juga memberikan kesiapan KJRI, atau Kemlu memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk proses pemulangan jenazah,'' tuturnya.

Sesampainya jenazah di Indonesia, Faizasyah menyebut, Kemlu akan menyerahkan proses penyemayaman kepada pihak BNPB.

Menurut dia, Kemlu hanya memfasilitasi terkait pemulangan Kepala Pusat Data dan Humas BNPB itu.

''Nah itu silakan dicek kepada BNPB. Kita hanya memfasilitasi kepulangan ke tanah air. Selanjutnya nanti silahkan ditanyakan ke BNPB,'' kata dia.

Dimakamkan di Boyolali

Jenazah Sutopo Purwo Nugroho akan dipulangkan dari Guangzhou, China, Ahad sore. Selanjutnya, akan dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah, tempat kelahirannya.

Kepala Bidang Humas BNPB Rita Rosita. S, saat dihubungi mengatakan bahwa jenazah Sutopo akan dibawa dari China menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan selanjutnya akan dibawa ke Boyolali.

''Sementara itu, Konsulat Jenderal RI di Guangzhou mengatakan tengah mengupayakan pemulangan jenazah Sutopo Purwo Nugroho secepatnya,'' kata Rita seperti dikutip Antara, Ahad (7/7). ***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/