Prabowo Peroleh 506 Suara di TPS 016 Bangil, Sempat Diragukan Kawalpemilu, Ternyata Valid

Prabowo Peroleh 506 Suara di TPS 016 Bangil, Sempat Diragukan Kawalpemilu, Ternyata Valid
Formulir C1 yang sempat diduga palsu diunggah ke KawalPemilu. (kumparan.com)
Minggu, 21 April 2019 22:57 WIB
JAKARTA - Kawalpemilu yang menampilkan data formulir C1 melalui website kawalpemilu.org, sempat meragukan kesahihan beberapa C1 beberapa hari lalu.

Dikutip dari kumparan.com, salah satu dari C1 yang janggal sehingga meragukan itu adalah adanya form C1 yang jumlah suaranya jauh melebihi ketentuan KPU, sebanyak 300 pemilih. Ketentuan itu diatur dalam Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu. Pasal 11 menyebutkan jumlah pemilih tiap TPS maksimal 300 pemilih.

Satu diantaranya terjadi di TPS 016, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Di TPS itu, Prabowo Sandi menang telak dengan jumlah 504 suara, sedangkan Joko Widodo-Mar’uf Amin hanya dapat 2 suara..

Belakangan, tim KawalPemilu mengklarifikasi kecurigaan mereka. Salah satu penggagas KawalPemilu, Ainun Najib, menyebut menerima banyak masukan yang mengklarifikasi kecurigaan awal tim KawalPemilu. Pasalnya, memang dimungkinkan satu TPS lebih dari 300 orang.

''TPS dengan 506 suara di Raci, Bangil itu valid dan datanya sudah divalidasi di situs kami,'' ucap Ainun kepada kumparan, Minggu (21/4).

Nah, penambahan pemilih yang terjadi di beberapa TPS di Raci, merupakan pemilih tambahan (DPTb), yaitu pemilih yang pindah memilih melalui formulir A5. Di daerah sana yang merupakan pesantren, ada penumpukan pemilih di beberapa TPS karena pindah memilih. KPU sudah memprediksi kemungkinan ini, dengan syarat surat suara tercukupi.

Namun ternyata kekhawatiran tentang kesahihan data bukan hanya karena satu hal ini. Sejak Jumat malam, 19 April 2019, tim inti KawalPemilu menemukan berbagai hal yang terjadi bersamaan: satu foto diupload berkali-kali di berbagai TPS, foto-foto dari TPS di mana total suara jauh melebihi 300, adanya upload form-form C1 dari Pilpres 2014, sampai teruploadnya foto-foto asal (bukan form C1, bukan suasana di TPS).

''Karenanya kami mengecek ulang data secara acak untuk menjaga kesahihan data, serta memverifikasi laporan-laporan yang masuk,” tambah salah satu penggagas KawalPemilu, Elina.

Saat ini C1 yang diduga janggal sudah dibersihkan atau terverifikasi, dan tim moderator KawalPemilu sudah melanjutkan input data. Elina menambahkan apresiasinya kepada warga yang sudah mengupload formulir C1 dari TPS ke upload.kawalpemilu.org maupun yang mengoreksi berbagai temuan KawalPemilu.

'''Prinsipnya memang datanya terbuka, bisa diverifikasi bersama.''

KawalPemilu adalah proyek urun daya (crowdsourcing) netizen pro data Indonesia yang didirikan tahun 2014 untuk menjaga suara rakyat di Pemilihan Umum melalui penggunaan teknologi untuk melakukan real count secara cepat dan akurat.

Pada Pemilu 2019, KawalPemilu merupakan mitra dari Netgrit (Network for Democracy and Electoral Integrity) dalam gerakan KawalPemilu - Jaga Suara 2019. Kemitraan ini resmi terakreditasi oleh Bawaslu RI. Selain dari kemitraan ini, situs KawalPemilu.org tidak terafiliasi dengan pihak manapun.***

Editor:hasan b
Sumber:kumparan.com
Kategori:SerbaSerbi

GoSumbar.com Pemerintah Alokasikan Rp10 Triliun untuk Tunjangan Pengangguran
GoSumbar.com Korban Salah Tangkap, Disiksa, Dipaksa Mengaku Membunuh dan Dipenjara 3 Tahun, 4 Pengamen Tuntut Ganti Rugi
GoSumbar.com Setelah Kisah Pilunya Tinggal di Toilet Sekolah Diberitakan Media, Bantuan Mengalir kepada Guru Honor Nining
GoSumbar.com Arab Saudi dan Negara Teluk Dukung Kebijakan China Penjarakan 1,5 Juta Muslim Uighur dan Dilarang Shalat
GoSumbar.com Pembangunan Ibukota Baru di Kalimantan akan Dimulai, Ini Persiapannya
GoSumbar.com Bali Pernah Diterjang Tsunami yang Merenggut Ribuan Jiwa
GoSumbar.com Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Sebelum Gempa M 6,0 Guncang Bali, Begini Penjelasan BMKG
GoSumbar.com Anak Guru Mengaji dari Solok Selatan Jadi Lulusan Terbaik Akpol 2019
GoSumbar.com Usai Bertemu Prabowo, Amien Rais: Sampai Sekarang Pun Alhamdulillah Masih Istiqomah
GoSumbar.com Konsumsi Rokok Penduduk Miskin Indonesia Terbesar Kedua, Kalahkan Telur dan Daging Ayam
GoSumbar.com Hasil Kajian KPK, 40 Persen Sektor Industri Kelapa Sawit Tak Patuh Bayar Pajak
GoSumbar.com Kata Pengamat, Penumpang Berhak Ambil Gambar dalam Pesawat karena Sudah Bayar Tiket dan Demi Keselamatan
GoSumbar.com Garuda Larang Ambil Gambar dalam Pesawat, Ini Alasannya
GoSumbar.com Dikirim Sehari Sebelum Bertemu Jokowi, Ini Isi Surat Prabowo kepada Amien Rais
GoSumbar.com Dua Tahun Berlalu, Polri Tak Juga Mampu Ungkap Penganiaya Novel, ICW Cs Melapor ke Polisi Tidur
GoSumbar.com Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Bali, Siswa dan Guru di Jembrana Berhamburan
GoSumbar.com Kisah Pilu Nining Suryani, Guru Honor Bergaji Rp350 Ribu yang Terpaksa Tinggal di Toilet Sekolah
GoSumbar.com Kesal Tak Dapat Kursi di Kereta, Wanita Muda Ini Nekat Lepas Rok dan Celana Dalam, Begini Penampakannya
wwwwww