Raih Restoran Halal Terbaik Nasional menurut survei WHTA (World Halal Tourism Award) Kementerian Pariwisata RI 2016

Ternyata Ini Rahasia Sukses RM Lamun Ombak Kota Padang

Ternyata Ini Rahasia Sukses RM Lamun Ombak Kota Padang
Kurnia Illahi Manvi, SSt.Par, M.Par (Tenaga Pengajar Fakultas Pariwisata Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat.
Minggu, 24 Februari 2019 17:02 WIB
Saat perut kosong atau dalam keadaan lapar, salah satu hal yang terbayang di benak kita adalah mencari makanan, agar urusan runyam yang menyangkut dengan urusan lambung segera mendapatkan solusinya.

Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi dan paling representatif di kota Padang untuk mengisi perut lapar itu adalah Rumah Makan Lamun Ombak. Karena, Rumah Makan ini selain tempatnya di jantung kota Padang, di Rumah Makan Lamun Ombak yang sering disingkat menjadi RM LO ini juga menyediakan menu makanan yang sangat beragam. Meski beragam menu, namun tetap mengedepankan ciri khas menu Sumatera Barat, seperti Rendang, Gulai Ikan, Pangek Dagiang Asam Padeh, Gulai Otak, Gulai Hati Ampela, Udang Balado, Paru Goreng, dan seabreg menu lainnya.

Selain menu ciri khas Minang, Rumah Makan Lamun Ombak juga menyediakan makanan lain, jika pengunjung tidak terlalu berselera untuk menyantap hidangan khas masyarakat Minangkabau yang berbumbu tajam, ada beberapa alternatif menu lainnya, seperti Gado-gado, Sop Ayam, Sop Daging atau Ayam Goreng ala nasional. Menu Ayam Goreng yang disajikan di rumah makan ini juga terkenal karena cita rasanya yang gurih dan lezat, apa lagi jika ditambah dengan sambal yang pedasnya menggugah selera untuk segera mencicipinya.

Jika kita mencoba menu Rendang ala Lamun Ombak, kita akan disajikan cita rasa yang khas, karena bahan baku rendangnya menggunakan daging sapi berkualitas dan paru gorengnya juga sangat renyah tanpa aroma amis sedikit pun.

Selain menu makanannya yang secara umum sangat istimewa, rumah makan ini juga memberikan pelayanan yang ramah dan cepat yang ditunjang pula dengan tempat yang bersih, asri, dan lokasi yang cukup luas.

Alasan lainnya kenapa Rumah Makan Lamun Ombak ini ramai dikunjungi, karena Rumah Makan ini telah berhasil meraih predikat Restoran Halal Terbaik Nasional menurut survei WHTA ( World Halal Tourism Award) yang di keluarkan oleh Kementerian Pariwisata pada tahun 2016 lalu.

Tentu saja penghargaan itu makin menjadikan rumah makan Lamun Ombak sebagai Rumah Makan yang paling direkomendasikan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang. Secara keilmuan atau secara teori dikatakan Kesuksesan suatu usaha tercermin dari sejauh mana pemasar mampu memberikan kepuasan bagi pelanggannya dan kepuasan pelanggan adalah kunci utama bagi suatu usaha seperti usaha Restoran/Rumah Makan.

Menurut Kotler dan Keller (2008:138) kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa yang timbul karena membandingkan kinerja yang dihasilkan dengan harapan pelanggan. Perkembangan usaha Lamun Ombak Restoran Kota Padang dari awal dibuka sampai saat sekarang mengalami pertumbuhan yang sangat bagus. Hal tersebut mengindikasi bahwa Lamun Ombak Restoran Kota Padang telah mampu memberi kepuasan kepada pelanggannya dan tercermin dari semakin meningkatnya kunjungan pelanggan dari waktu ke waktu.

Atas dasar fenomena yang terjadi di atas membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian, penulis ingin mengetahui lebih jauh alasan dibalik kesuksesan Restoran Lamun Ombak, dan hal yang diteliti oleh penulis berkaitan dengan kontribusi Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan di Rumah Makan Lamun Ombak.

Bauran Pemasaran adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, dan kegiatannya terdiri dari empat unsur dimana unsur unsur tersebut saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain, adapun unsur yang terkandung di dalamnya adalah:

Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.

Harga adalah sejumlah uang yang ditukarkan untuk sebuah produk atau jasa. Lebih jauh lagi, harga adalah sejumlah nilai yang konsumen tukarkan untuk sejumlah manfaat dengan memiliki atau menggunakan suatu barang atau jasa. Harga memiliki peranan utama dalam proses pengambilan keputusan para pembeli.

Tempat (saluran distribusi), adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.

Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi / membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Variabel lain yang Penulis teliti dibalik kesuksesan Restoran Lamun Ombak dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah tentang kualitas pelayanan. Dalam kaitannya dengan kepuasan pelanggan, kualitas memiliki beberapa dimensi pokok. Dalam kasus layanan, dimensi kualitas yang paling sering dijadikan acuan, adapun acuannya adalah :

Reliabilitas, yakni kemampuan memberikan layanan yang dijanjikan dengan segera, akurat, dan memuaskan.

Responsivitas, yaitu keinginan dan kesediaan para karyawan untuk membantu para pelanggan dan memberikan layanan dengan tanggap.

Jaminan (assurance), mencakup pengetahuan, kompetensi, kesopanan, dan sifat dapat dipercaya yang dimiliki karyawan, bebas dari bahaya fisik, risiko atau keragu-raguan.

Empati, meliputi kemudahan dalam menjalin hubungan, komunikasi yang efektif, perhatian personal dan pemahaman atas kebutuhan individual para pelanggan.

Bukti fisik (tangibles), meliputi fasilitas fisik, perlengkapan, karyawan, dan suara komunikasi.

Berdasarkan analisa data dan interpretasi yang penulis laksanakan di Rumah Makan Lamun Ombak Padang, maka berikut ini dapat disimpulkan bahwa Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan sangat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yang mampir dan mengulangi lagi makan di Rumah Makan Lamun Ombak Kota Padang.(**)

Editor:Jontra
Kategori:SerbaSerbi

wwwwww