Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Uruguay Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal dengan Indonesia
Pemerintahan
21 jam yang lalu
Uruguay Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal dengan Indonesia
2
Hadapi Red Sparks, Agustin Wulandari: Kami Akan Berikan Penampilan Terbaik
Olahraga
19 jam yang lalu
Hadapi Red Sparks, Agustin Wulandari: Kami Akan Berikan Penampilan Terbaik
3
HUT ke-94, PSSI Berbagi Kebahagian dengan Legenda Timnas Indonesia
Olahraga
20 jam yang lalu
HUT ke-94, PSSI Berbagi Kebahagian dengan Legenda Timnas Indonesia
4
Megawati Ungkap Rahasia Kuat Bertahan dan Meraih Sukses di Red Sparks
Olahraga
19 jam yang lalu
Megawati Ungkap Rahasia Kuat Bertahan dan Meraih Sukses di Red Sparks
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/

Heng Swee Keat Diprediksi Duduki Jabatan PM Singapura

Heng Swee Keat Diprediksi Duduki Jabatan PM Singapura
Menteri Keuangan Singapura, Heng Swee Keat. (theindependent.sg)
Sabtu, 24 November 2018 13:30 WIB
SINGAPURA - Menteri Keuangan Singapura, Heng Swee Keat (57), diprediksi bakal menduduki jabatan Perdana Menteri (PM) Singapura, menggantikan PM Lee Hsien Loong.

Dikutip dari liputan6.com, prediksi itu semakin setelah Heng Swee Keat terpilih menjadi asisten Sekretaris Jenderal pertama untuk koalisi partai pemerintah People Action Party (PAP), dalam sebuah pemungutan suara internal untuk re-shuffle pejabat organisasi, pada Jumat 23 November 2018.

Jabatan baru Heng di internal PAP membuatnya digadang-gadang sebagai calon perdana menteri Singapura selanjutnya, demikian seperti dikutip dari The Strait Times, Jumat (23/11/2018).

Apalagi mengingat sampai saat ini, Perdana Menteri Lee Hsien Loong masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di PAP.

Berdasarkan pola suksesi kepemimpinan PAP pada beberapa tahun terakhir, jabatan asisten Sekretaris Jenderal pertama kuat diproyeksikan naik hingga akhirnya menjadi PM Singapura.

Kedua perdana menteri setelah PM Lee Kuan Yew datang dari eks-pengemban jabatan asisten sekretaris jenderal pertama PAP. Mereka adalah Goh Chok Tong, yang merupakan perdana menteri kedua Singapura dan Lee Hsien Loong, PM saat ini.

Pentingnya suksesi kepemimpinan dalam PAP terlihat sejak akhir tahun lalu, ketika Goh Chok Tong menulis dalam posting Facebook pada Malam Tahun Baru bahwa ia berharap kelompok partai koalisi dapat memilih seorang pemimpin di antara mereka dalam waktu enam hingga sembilan bulan.

Goh juga ingin melihat PM Lee secara resmi menunjuk calon penerusnya pada akhir 2018.

Pada saat itu, pengamat mengatakan ada tiga calon kandidat terdepan untuk menggantikan PM Lee: Heng Swee Keat, Menteri Perdagangan dan Industri Chan Chun Sing dan Menteri Pendidikan Ong Ye Kung.

PM Lee sebelumnya mengatakan pada Oktober 2017 bahwa dia bermaksud menyerahkan kendali pemerintah kepada penggantinya pada saat dia berusia 70 tahun, yang akan berada di 2022.

Ini berarti Heng Swee Keat, sebagai calon perdana menteri kemudian, akan memiliki fase persiapan terpendek. Dipersiapkan menjadi wakil perdana menteri pada perombakan kabinet berikutnya, ia akan memiliki kurang dari lima tahun untuk mempersiapkan diri menjadi perdana menteri Singapura.

Dalam re-shuffle internal organisasi PAP pada Jumat lalu, Menteri Perdagangan dan Industri Chan Chun Sing terpilih sebagai asisten sekretaris jenderal kedua PAP. Sementara Komite Eksekutif Pusat (CEC) memilih Menteri Kesehatan Gan Kim Yong sebagai ketua partai.

Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Air Masagos Zulkifli menjadi wakil ketua partai, sementara Urusan Dalam Negeri dan Menteri Hukum K. Shanmugam menerima jabatan bendahara.

Menteri Pendidikan Ong Ye Kung adalah asisten bendahara, sementara Menteri Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda Grace Fu dan Menteri Pembangunan Sosial dan Keluarga Desmond Lee keduanya mengorganisir sekretaris.

Desmond Lee adalah salah satu dari empat anggota yang dikooptasi ke CEC. Yang lain adalah Menteri Pembangunan Nasional Lawrence Wong, dan backbenchers (anggota parlemen non-struktural dan tak menjabat posisi strategis) Sitoh Yih Pin dan Christopher de Souza.

PM Lee mengatakan pemilihan CEC baru adalah ''langkah maju yang besar dalam pembaruan politik kita''.

Pengisi baru jabatan tersebut kebanyakan adalah menteri muda dalam parlemen Singapura, dengan hampir seluruhnya mendapat dukungan kuat dari PM Lee.

Para menteri muda dan pemegang jabatan politik telah bertemu dalam beberapa bulan terakhir untuk membahas siapa yang harus memimpin mereka, tulis PM Lee dalam posting Facebook di halaman PAP.

''Mereka telah mencapai konsensus bahwa Heng Swee Keat akan menjadi pemimpin mereka. Pada gilirannya, Heng Swee Keat telah meminta Chan Chun Sing menjadi orang nomor dua,'' katanya.

PM Lee mengatakan bahwa transisi kepemimpinan selalu merupakan masalah yang rumit.

''Saya mendukung keputusan tim yang lebih muda, dan saya senang dengan hasil ini,'' tambahnya.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/