Jenderal Andika Perkasa Dilantik Jadi KASAD, Langkahi 3 Angkatan

Jenderal Andika Perkasa Dilantik Jadi KASAD, Langkahi 3 Angkatan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Kamis (22/11). (detik.com)
Kamis, 22 November 2018 11:05 WIB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Kamis (22/11). Andika menjadi KASAD menggantikan Jenderal Mulyono yang akan memasuki masa pensiun pada Januari 2019 mendatang.

Dikutip dari repulika.co.id, pelantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai KSAD ini berdasarkan Keputusan Presiden No 97/TNI Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat yang ditetapkan pada 22 November 2018.

Usai pembacaan keputusan presiden, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi. ''Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara dan kesatuan RI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,'' begitu kutipan sumpah jabatan yang dibacakan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan, dan disaksikan oleh Presiden Jokowi serta pembacaan Keputusan Presiden Nomor 98/TNI Tahun 2018 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Tinggi Perwira TNI.

Langkahi 3 Angkatan

Dengan menjadi KSAD, Andika akan memimpin semua prajurit TNI AD, termasuk para senior dari tiga angkatan di atasnya.

Dikutip dari kumparan.com, Andika Perkasa yang merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1987 terpilih sebagai KSAD dengan menyingkirkan beberapa jenderal yang lebih senior. Beberapa jenderal itu seperti Letjen TNI Agus Surya Bakti yang merupakan lulusan Akmil angkatan 1984 dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Selanjutnya Letjen TNI Doni Monardo yang merupakan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional dan lulusan Akmil angkatan 1985. Selain itu ada pula Wakil KSAD Letjen TNI Tatang Sulaiman yang lulusan Akmil angkatan 1986.

Sesama lulusan Akmil 1986 juga ada Mayjen TNI Joni Supriyanto (Panglima Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta), Mayjen TNI Besar Harto Karyawan (Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi), dan Mayjen TNI Wuryanto (Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro).

Karier Andika Perkasa memang begitu moncer tahun ini. Pada 15 Januari 2018, Andika diangkat menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD setelah sebelumnya menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura sejak tahun 2016. Jabatan itu membuatnya menyandang pangkat Letnan Jenderal TNI.

Enam bulan setelahnya, tepatnya pada 13 Juli 2018, Andika kembali mendapatkan promosi menjadi Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Ia menjadi Pangkostrad ke-39 sepanjang sejarah berdirinya korps baret hijau itu.

Baru 4 bulan menjabat Pangkostrad, Andika resmi ditunjuk Presiden Jokowi sebagai KSAD pada hari ini, Kamis (22/11).***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id dan kumparan.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/