Topan Jebi Sebabkan Bandara Osaka Tenggelam, Penumpang Dievakuasi Gunakan Perahu

Topan Jebi Sebabkan Bandara Osaka Tenggelam, Penumpang Dievakuasi Gunakan Perahu
Landasan Bandara Kansai, Osaka, Jepang, terendam banjir yang dipicu topan jebi. (liputan6.com)
Rabu, 05 September 2018 17:37 WIB
OSAKA - Sedikitnya sepuluh orang tewas dan jutaan orang harus dievakuasi akibat terjangan topan jebi di wilayah selatan dan barat daya Jepang.

Dikutip dari liputan6.com, topan yang menghantam Jepang kali ini disebut terburuk dalam 25 tahu terakhir. Menyebabkan kerusakan di banyak tempat, termasuk memicu banjir dan tanah longsor.

Dilansir Channel News Asia pada Rabu (5/9/2018), hembusan topan dengan kecepatan 172 kilometer per jam itu turut menyebabkan banjir cukup besar di Bandara Internasional Kansai di Osaka.

Ribuan penumpang terpaksa menginap semalam di bandara. Liputan televisi juga menunjukkan kerumunan orang antre membeli makanan dan minuman di toko serba ada di dua terminal utamanya.

Pada Rabu pagi, otoritas setempat memindahkan penumpang ke bandara terdekat, Bandara Internasional Kobe, menggunakan perahu dan bus.

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan sekitar 300 orang terluka. Tidak pasti kapan bandara Osaka akan dibuka kembali, dan beberapa jalan dan jalur kereta di daerah yang terkena dampak masih ditutup, katanya.

''Pemerintah akan terus melakukan segala kemungkinan untuk mengatasi masalah ini dengan segera,'' kata Suga dalam sebuah konferensi pers.

JXTG Nippon Oil & Energy Corp, perusahaan kilang minyak terbesar di Jepang, menutup setidaknya satu unit pemurnian di kilang Sakai,

Osaka, yang mampu memproduksi 135.000 barel per hari. Penutupan itu disebabkan oleh rusaknya fasilitas pendingin akibat terjangan topan jebi.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww