Sudah Lebih Setengah Juta Jamaah Haji Tiba di Arab Saudi, Dominan dari Indonesia

Sudah Lebih Setengah Juta Jamaah Haji Tiba di Arab Saudi, Dominan dari Indonesia
Jamaah haji. (sindonews.com)
Kamis, 02 Agustus 2018 08:27 WIB
JEDDAH - Hingga Rabu (1/8/2018), jumlah jamaah haji yang tiba di Arab Saudi sudah mencapai 567.459 orang.

Dikutip dari republika.co.id yang melansir Al Arabiya, dari 567.459 orang tersebut sebagian besar jamaah asal Indonesia.

Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi mengatakan dalam laporan bahwa jumlah jamaah yang datang melalui udara mencapai 558.505 orang, melalui darat sebanyak 4.696 orang, dan melalui laut sebanyak 4.258 jamaah.

Menurut data pemerintah, jumlah kedatangan tersebut meningkat sekitar tujuh persen dari periode yang sama pada tahun lalu. Diperkirakan 2,5 juta orang akan datang ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Pada Selasa (31/7) malam, Arab Saudi menerima jamaah pertama asal Iran. Jamaah memuji upaya yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi untuk memfasilitasi perjalanan mereka setibanya di bandara Madinah.

Jamaah yang tiba di Bandara Internasional Prince Mohammed bin Abdulaziz mengatakan pada Saudi Press Agency tentang pengalaman mereka.

Salah seorang jamaah, Hassan Tarabi memuji upaya kerajaan dalam menyediakan layanan bagi jamaah haji dari berbagai ras dan kebangsaan.

Tarabi menyatakan penghargaannya atas sambutan hangat yang dia terima sejak kedatangan di bandara. Menurutnya, proses imigrasi di bandara berjalan dengan cepat. Selain itu, setiap jamaah disambut dengan air, bunga dan hadiah.

Pejabat yang bertanggung jawab atas utusan Iran dari jamaah yang tiba dari kota Barzak juga memuji penerimaan dan keramahan yang mereka terima. Ia mencatat berbagai layanan dan perawatan besar oleh semua petugas keamanan dan layanan di bandara telah dilakukan dengan baik. ***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww