Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
Olahraga
6 jam yang lalu
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
2
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
Olahraga
6 jam yang lalu
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
3
Uruguay Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal dengan Indonesia
Pemerintahan
2 jam yang lalu
Uruguay Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal dengan Indonesia
4
HUT ke-94, PSSI Berbagi Kebahagian dengan Legenda Timnas Indonesia
Olahraga
2 jam yang lalu
HUT ke-94, PSSI Berbagi Kebahagian dengan Legenda Timnas Indonesia
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/

6 Nama Ini Jadi Pendatang Baru dalam Daftar Orang Terkaya Indonesia, Termasuk Bos Go-Jek

6 Nama Ini Jadi Pendatang Baru dalam Daftar Orang Terkaya Indonesia, Termasuk Bos Go-Jek
Pendiri Go-Jek Nadiem Makarim. (int)
Jum'at, 27 Juli 2018 07:57 WIB
JAKARTA - Globe Asia telah merilis daftar orang-orang terkaya di Idonesia. Menurut data Globe Asia, ada 6 pendatang baru dalam daftar orang terkaya Indonesia 2018.

Dikutip dari liputan6.com, enam nama pendatang baru tersebut, sebagian besar muncul akibat berkembangnya startup dan hampir semuanya masih berusia sekitar 30 tahun. Berikut profil singkat mereka.

- Nadiem Makarim

Berada di peringkat 150, terdapat nama pendiri Go-Jek: Nadiem Makarim (33). Total kekayaan Nadiem ditaksir mencapai USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Nadiem adalah lulusan dari dua kampus Ivy League, yakni Universitas Brown dan Sekolah Bisnis Harvard. Di Brown, ia mengambil S1 jurusan Hubungan Internasional. 

Setelah berhasil sukses di Indonesia, Go-Jek tengah berencana untuk lanjut ekspansi di empat negara Asia Tenggara, yakni Filipina, Thailand, Vietnam, dan Singapura. 

- Achmad Zaky

Naik satu peringkat ke nomor 149, ada nama Achmad Zaky (31), salah satu dari pendiri Bukalapak. Kekayaan dari alumnus ITB ini ditaksir mencapai USD 105 juta atau sekitar Rp1,5 triliun. 

Di bawah kepemimpinannya, Bukalapak tidak sebatas aktif di dunia dagang, melainkan membangun relasi dengan beragam komunitas masyarakat.

Bukalapak memperkuat komunikasi dengan pelapak mereka lewat wadah bernama Komunitas Pelapak, dan kemudian lanjut bertemu komunitas lain dari beragam latar belakang seperti para santri dan Bhayangkari.

Sekadar diketahui, Achmad Zaky kerap bercerita tentang perjuangannya membangun perusahaan rintisan hingga sesukses saat ini. Menurut Zaky, untuk mendirikan e-commerce dan memboyong Bukalapak ke fase yang sekarang tidaklah mudah.

Dia bahkan sempat menyebut, untuk membangun suatu usaha, terutama startup, seseorang harus memiliki mental kecoak. Mental kecoak yang dimaksud adalah mental di mana harus berani memperjuangkan sesuatu dengan kondisi seadanya. Bedanya, di sini harus memiliki keinginan untuk survive layaknya kecoak yang jika dibunuh tetap meronta-ronta bergerak.

- William Tanuwijaya

Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya (36), berada di posisi 148. Lulusan Binus yang pernah menjadi penjaga warnet ini ditaksir memiliki harta USD 130 juta atau sekitar Rp1,8 triliun.

Pada akhir tahun lalu, Tokopedia mendapat suntikan dana sebesar USD 1,1 juta dari raksasa e-commerce Alibaba. William menyebut fokus utama Tokopedia setelah mengantongi suntikan dana Rp14,7 triliun ini adalah ingin membangun pusat riset dan pengembangan (R&D, Research and Development) di dalam negeri.

- Ferry Unardi

Ferry Unardi (30), pendiri Traveloka yang menjadi sosok paling muda di antara orang terkaya Indonesia. Kekayaannya pria kelahiran Padang ini ditaksir mencapai USD 145 juta atau sekitar Rp2 triliun rupiah.

Sebelumnya, Ferry pernah masuk daftar 300 pengusaha muda sukses dari yang berusia di bawah 30 tahun versi Forbes.

Kepada Liputan6.com, Ferry Unardi mengatakan, “Penghargaan ini merupakan representasi capaian positif seluruh tim Traveloka di mana kami selalu bekerja keras untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada customer.”

Ferry berkuliah S1 di Universitas Purdue dan sempat bekerja untuk Microsoft, kemudian melanjutkan di Sekolah Bisnis Harvard, tetapi ia dropout setelah satu semester untuk fokus pada startup-nya.

- Patrick Walujo

Berbeda dari empat nama sebelumnya, Patrick Walujo (35) aktif di sektor private equity. Ia adalah co-founder dari Northstar Group, sebuah private equity fund manager. 

Sebelum membangun Northstar Group, ia sempat berkarier sebagai Wakil Presiden Pacific Century Ventures Ltd di Tokyo, dan pernah bekerja untuk Goldman, Sachs & Co., di London, dan New York.

Walujo juga merupakan lulusan dari salah satu kampus Ivy League, yakni Universitas Cornell. Ia mengambil jurusan operational research dan industrial engineering.  Kekayaannya berjumlah USD 200 juta atau Rp2,8 triliun.

- Stefanus Lo dan Keluarga

Di antara para pemain baru di daftar orang-orang terkaya, terdapat nama Stefanus Lo (5) dan keluarga dengan jumlah kekayaan ditaksir mencapai USD 465 juta atau setara Rp6,7 triliun.  

Pria yang dijuluki Raja Berlian ini mengelola toko-toko berlian di bawah bisnis keluarga bernama PT Central Mega Kencana (PT CMK). Stefanus optimistis terhadap perkembangan dan potensi industri berlian dan perhiasan di Indonesia. Ditambah lagi, kebanyakan pegawainya adalah pekerja lokal.

''Kami terus menunjukan bahwa Indonesia dan rakyatnya memiliki potensi besar dan siap bersaing melawan negara dominan lain dan rakyat mereka,'' ucap Stefanus seperti dikutip dari Globe Asia.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/