Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
PSS Sleman Siapkan Kejutan Untuk Laga Lawan Madura United
Olahraga
24 jam yang lalu
PSS Sleman Siapkan Kejutan Untuk Laga Lawan Madura United
2
Usai Operasi Cedera Lutut, Dua Pemain PSIS Jalani Fisioterapis
Olahraga
24 jam yang lalu
Usai Operasi Cedera Lutut, Dua Pemain PSIS Jalani Fisioterapis
3
Eva Mendes Mundur dari Dunia Akting Demi Anak
Umum
19 jam yang lalu
Eva Mendes Mundur dari Dunia Akting Demi Anak
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77

Jamaah Haji Indonesia Masuki Makkah Mulai Besok

Jamaah Haji Indonesia Masuki Makkah Mulai Besok
Bus Shalawat, pengangkut jamaah haji. (int)
Rabu, 25 Juli 2018 10:13 WIB
MADINAH - Jamaah haji asal Indonesia bergerak dari Kota Madinah untuk memasuki Kota Makkah mulai Kamis (26/7/2018). Mereka yang diberangkan ke Makkah besok merupakan rombongan pertama yang tiba di Madinah.

Dikutip dari sindonews.com, jamaah diberangkatkan ke Makkah setelah sembilan hari di Madinah. Selama di Madinah, jamaah mengikuti arbain di Masjid Nabawi dan ziarah ke tempat-tempat bersejarah di antaranya Masjid Quba, Gunung Uhud, serta berbelanja kurma di Kebun Kurma Abdurrahman. Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad di Madinah.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Muhammad Khanif mengatakan, persiapan pemberangkatan ke Makkah terus dilakukan, di antaranya berupa pengecekan dokumen perjalanan oleh petugas kelompok terbang (Kloter). Pengecekan ini dilakukan untuk mencocokkan dokumen dengan rombongan sehingga saat tiba waktu keberangkatan, urusan dokumen sudah selesai.

Rombongan pertama sebenarnya akan diberangkatkan pada 25 Juli setelah shalat Magrib. Hal ini dilakukan karena Pemerintah Kerajaan Arab Sau di melarang rombongan bus berangkat tengah malam. ''Supaya tidak terjadi ihwal yang tidak diinginkan misalnya sopir mengantuk,'' katanya.

Perjalanan dari Madinah ke Makkah diperkirakan memakan waktu sekitar lima jam. Jumlah bus yang dikerahkan akan disesuaikan dengan jumlah jamaah dalam satu Kloter. ''Satu bus rata-rata bisa diisi 40-50 orang,'' katanya.

Sementara itu, Kepala Daker Makkah Endang Jumali menyatakan, pihaknya telah siap menerima kedatangan jamaah haji dari Madinah.

Ada lima Kloter yang akan datang pada 26 Juli. Mereka akan ditempatkan di sektor XI atau wilayah Jar wal di dekat Masjidilharam. Titik krusial yang menjadi perhatian adalah penyediaan armada bernama bus Salawat yang akan bolak-balik mengantar jamaah dari hotel ke Masjidil Haram maupun sebaliknya.

Sementara jamaah haji yang wafat di Tanah Suci sudah mencapai lima orang. Kemarin jamaah haji asal embarkasi Solo bernama Siti Aminah Rasyip meninggal karena komplikasi penyakit hipertensinya. Sesuai data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPHI) Arab Saudi, lima orang jamaah yang wafat tersebut merupakan akumulasi dari kedatangan pertama pada 17 Juli hingga kemarin.

Sesuai ketentuan, Kemenag akan membadalhajikan jamaah haji yang wafat di Tanah Suci mau pun di asrama haji, serta jamaah yang sudah sampai Makkah, namun tak sanggup melakukan wukuf di Arafah karena faktor kesehatan. Jamaah mau pun keluarga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi karena proses badal haji ditanggung pemerintah.***

Editor:hasan b
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77