Gempa Berpusat di Gunung Talang Guncang Sumbar, 1 Warga Tewas Tertimpa Bangunan Rubuh

Gempa Berpusat di Gunung Talang Guncang Sumbar, 1 Warga Tewas Tertimpa Bangunan Rubuh
Ilustrasi gempa. (int)
Sabtu, 21 Juli 2018 23:19 WIB
PADANG - Gempa bumi berkekuatan 5,5 skala richter (SR) mengguncang Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (21/7) sore, sekira pukul 14.58 WIB.

Dikutip dari merdeka.com, Kepala Pusat Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menjelaskan, pusat gempa berada di lintang 0,97 LS dan100, 70 BT dengan kedalaman 10 KM pada jarak 9 KM tenggara Kota Padang, 19 KM tenggara Kabupaten Solok, dan 37 KM dari Kota Pariaman, Sumatera Barat

''Gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami,'' kata Rahmat Triyono.

Ia menambahkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa ini merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang terjadi akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) pada segmen Sumani.

''Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar geser mendatar (Strike Slip)," terangnya.

Gempa vulkanik yang berpusat di kawasan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumbar tersebut menelan korban jiwa. Informasi yang berhasil dihimpun, korban bernama Buyuang Jenggo (70), warga Batang Barus, Kabupaten Solok.

''Korban meninggal karena tertimpa bangunan rumah yang rapuh saat mencoba menyelamatkan diri,'' kata perangkat Wali Nagari setempat, Yafriyati kepada merdeka.com.

Disebutkan Yafriyati, gempa dirasakan di tempatnya sangat kencang dan membuat masyarakat setempat berhamburan karena berdekatan dengan Gunung Talang.

''Bagian rumah yang roboh adalah dinding dan atap. Nyawa korban tak bisa diselamatkan dan saat ini sudah disemayamkan pihak keluarga,'' sambungnya.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77