Data Manifes KM Lestari Hanya 139 Penumpang, Korban yang Dievakuasi Sudah 189 Orang

Data Manifes KM Lestari Hanya 139 Penumpang, Korban yang Dievakuasi Sudah 189 Orang
Para penumpang mengapung di laut setelah KM Lestari Maju tenggelam di lepas pantai Pulau Selayar, Selasa (3/7) siang. (liputan6.com)
Rabu, 04 Juli 2018 14:32 WIB
MAKASSAR - Kapal mengangkut penumpang jauh melebihi jumlah yang tercatat pada manifes (daftar penumpang) juga terjadi pada KM Lestari Maju yang karam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018) siang.

Pada manifes KM Lestari Maju yang dicatat otoritas Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, jumlah penumpangnya hanya 139. Sementara hingga Rabu siang ini jumlah korban yang berhasil dievakuasi sudah mencapai 189 orang.

Dikutip dari liputan6.com, Kapolres Selayar, AKBP Syamsu Ridwan mengatakan, hingga Rabu siang, tepatnya pukul 11.00 Wita, tim SAR gabungan telah mengevakuasi 34 orang penumpang meninggal dunia dan 155 orang lainnya selamat.

''Mengenai ada selisih dengan jumlah data manifes silakan tanyakan ke pihak Pelabuhan Bira dalam hal ini Syahbandar,'' kata Syamsu, Rabu (4/7/2018).

Terpisah, Syahbandar Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, Zainuddin, mengatakan hingga saat ini, pihaknya baru mencatat total korban yang telah dievakuasi berjumlah 120 orang. Data itu didapatkan dari laporan beberapa puskesmas dan rumah sakit tempat beberapa korban dirawat dan dikumpulkan.

Perihal selisih jumlah korban yang telah dievakuasi dengan data manifes pihak Pelabuhan Bira sebagaimana berdasar data pihak Kepolisian, Zainuddin mengatakan bahwa KM Lestari Maju sejatinya mampu memuat hingga 200 orang penumpang.

''Saya lagi temani dulu Pak Menteri ke TKP. Saya di TKP ini dek. Saya tidak berada di Bulukumba tapi di TKP, Selayar,'' jawab Zainuddin.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww