Catat, 3 Jenis Minuman Ini Bisa Sebabkan Kulkas Meledak

Catat, 3 Jenis Minuman Ini Bisa Sebabkan Kulkas Meledak
Ilustrasi kulkas meledak. (liputan6.com)
Rabu, 13 Juni 2018 21:43 WIB
JAKARTA - Kulkas merupakan tempat menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar. Namun perlu diketahui, tak semua makanan atau minuman bisa dimasukkan ke dalam kulkas, khususnya dalam freezer-nya.

Dikutip dari liputan6.com, freezer merupakan bagian paling dingin pada kulkas. Freezer berfungsi untuk membekukan makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya.

Namun, suhu bekunya tersebut membuat benda tertentu saja yang boleh masuk ke dalam freezer. Kalau asal memasukkan barang, bisa jadi kulkasmu bakalan meledak.

Berikut ini barang-barang yang tak boleh dimasukkan ke dalam freezer karena bisa menyebabkan ledakan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (6/6/2018).

1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda, khususnya kemasan kaleng sering dimasukkan ke dalam kulkas. Namun jangan sampai dimasukkan ke dalam freezer, ya. Minuman berkarbonasi ini bisa meledak di suhu yang sangat rendah.

Senyawa yang ada di dalam kaleng tersebut akan mengembang dan memberikan tekanan tinggi kepada kaleng. Jika kaleng tak bisa menahan tekanan tersebut kemudian akan menyebabkan ledakan, lho.

2. Minuman Beralkohol

Sama seperti minuman bersoda, minuman beralkohol juga sangat sering disimpan di lemari es. Minuman beralkohol yang belum dibuka dapat menyebabkan ledakan karena tekanan dari cairan ekspansi yang ada di dalamnya.

Tekanan yang berlebihan akan menyebabkan ledakan serius. Kulkasmu pun ikut meledak atau terbakar.

3. Dry Ice atau Es Kering

Es kering memang jarang ditemukan di rumah-rumah. Namun jika kalian memilikinya, jangan pernah sekali-kali menaruhnya dalam freezer.

Suhu dingin dari freezer memberikan efek sublimasi--perubahan bentuk dari padat ke gas--terhadap es kering tersebut.  Akibatnya, gas yang berlebihan akibat proses sublimasi tersebut akan membuat lemari es meledak.

4. Membersihkan Freezer Pakai Benda Tajam

Bunga es dalam freezer memang sangat mengganggu. Untuk itu harus rajin dibersihkan supaya lemari es tetap bersih. Namun banyak orang yang membersihkan bunga es menggunakan benda tajam seperti pisau.

Sebenarnya itu tidak boleh dilakukan, sebab di dalam freezer ada pipa gas isobutana. Jika pipa tersebut tertusuk maka akan mengakibatkan kulkasmu meledak seketika. ***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww