Letusan Dahsyat Gunung Berapi di Guatemala, Semburkan Batu Setinggi 10 Kilometer, 25 Orang Tewas

Letusan Dahsyat Gunung Berapi di Guatemala, Semburkan Batu Setinggi 10 Kilometer, 25 Orang Tewas
Gunung berapi Fuego di Guatemala meletus dahsyat pada Minggu waktu setempat atau Senin (4/6/2018) WIB. (sindonews.com)
Senin, 04 Juni 2018 13:44 WIB
QUATEMALA CITY - Letusan dahsyat terjadi pada gunung berapi Fuego di Guatemala, Ahad waktu setempat atau Senin (4/6/2018) WIB. Gunung itu menyemburkan abu vulkanik dan batu ke udara setinggi sekitar 10 kilometer.

Dikutip dari sindonews.com, akibat bencana alam tersebut sedikitnya 25 orang tewas dan puluhan lainnya terluka serta hilang. Letusan Gunung Fuego juga memaksa warga Guatemala melakukan eksodus massal setelah desa-desa mereka diselimuti abu.

Koordinator Nasional untuk Pengurangan Bencana (Conred) Guatemala mengatakan, data sementara ada 25 orang yang dilaporkan meninggal, termasuk warga dari komunitas El Rodeo.

Media setempat yang dilansir Russia Today melaporkan sekitar 2.000 warga di sekitar gunung melakukan eksodus ke kota lain yang lebih aman.

Kepala Conred Sergio Cabanas mengatakan, dua dari total korban jiwa adalah anak-anak. Kedua anak tersebut tewas terbakar ketika berdiri di sebuah jembatan untuk menyaksikan letusan gunung berapi Fuego.

Erupsi gunung berapi ini tercatat sebagai yang kedua kalinya sepanjang tahun ini. Menurut Conred, erupsi telah menghasilkan aliran piroklastik yang kuat di Barrancas de Cenizas, Mineral, Seca, Taniluya, Las Lajas dan Barranca Honda lokalitas.

Bandara Internasional La Aurora telah menutup landasannya karena diguyur abu vulkanik. Penutupan bandara ini sebagai tindakan pencegahan bahaya abu vulkanik terhadap pesawat.***

Editor:hasan b
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77