Calon Jamaah Haji Indonesia Dominan Hanya Lulusan SD, Hampir 1 Juta Orang

Calon Jamaah Haji Indonesia Dominan Hanya Lulusan SD, Hampir 1 Juta Orang
Ilustrasi. (tempo.co)
Selasa, 29 Mei 2018 11:51 WIB
JAKARTA - Dari tingkat pendidikan, calon jamaah haji Indonesia lebih banyak lulusan Sekolah Dasar (SD), jumlahnya mencapai 941.183 orang, hampir satu juta orang.

Dikutip dari sindonews.com, terbanyak kedua, lulusan SMA, 721.685 orang. Di urutan ketiga adalah lulusan strata 1 sebanyak 641.614 dan disusul tamatan SMP sebanyak 351.969 orang.

Latar belakang pendidikan para jamaah haji yang didominasi lulusan SD tersebut tentu saja menjadi tantangan tersediri bagi petugas untuk memberikan pelayanan dan pembinaan.  

''Pada saat manasik si tutor harus sudah menyadari realitas bahwa yang mereka ajari manasik ada yang tidak tamat SD ada yang doktor. yang penting adalah praktis yang diajarkan,'' ujar mantan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah, Kementerian Agama, Abdul Jamil, saat mengarahkan para calon petugas haji di Asrama Haji Pondok Gede, Senin (28/5/2018) malam.

Menurut dia, kondisi tersebut cukup menyulitkan pemerintah mewujudkan calon jamaah haji (calhaj) yang sepenuhnya mandiri. ''Jangankan ke Mekkah, bahkan yang belum pernah naik pesawat pun banyak,'' kata Abdul Jamil.

Terkait statistika tersebut, Abdul Jamil meminta kesabaran dan pengertian para petugas haji nantinya di Tanah Suci. Mereka harus mampu memberikan pengertian soal praktik ibadah haji dengan sederhana.

''Proses perjalanan haji saat sampai di Madinah seperti apa, lalu masuk Makkah seperti apa, Arafah, lalu di Mina, dibikin yang sederhana. Mereka yang telah memiliki pengetahuan haji tinggi bisa mengerti bahwa kita ini harus melatih orang yang tidak tahu sama sekali,'' tandasnya.***

Editor:hasan b
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/