Sudah Lewati 3 Gubernur, Jembatan Siak IV Tetap 'Jadi Bangkai Kota', Dewan Makin Pesimis

Sudah Lewati 3 Gubernur, Jembatan Siak IV Tetap Jadi Bangkai Kota, Dewan Makin Pesimis
Minggu, 27 Mei 2018 16:31 WIB
PEKANBARU - Bagi warga Kota Pekanbaru, kehadiran ''bangkai'' Jembatan Siak IV di ujung Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau, mungkin hal biasa. Pasalnya, sejak era Gubernur Rusli Zainal, jembatan itu memang sudah terbengkalai, dan berlanjut di era Annas Maamun dan sekarang era Gubernur Arsyadjuliandi Rachman. Bahkan warga pun tidak lagi mempertanyakan kapan jembatan itu akan difungsikan kembali.

''Memang sudah sangat lama jembatan ini terbengkalai, kalau tak salah sudah sejak era pak Gubernur Riau Rusli Zainal. Dan berlanjut di era Pak Annas Maamun dan sekarang Era Pak Andi Rachman,'' ujar Hidayat, salah seorang warga yang melintas di Jalan Sudirman kepada GoRiau.com.

Menurutnya, keberadaan Jembatan Siak IV itu dulu memang sangat diharapkan warga, namun karena sudah terlalu lama tak selesai, maka warga pun sudah terbiasa dan tak mempertanyakan lagi.

Sementara itu dari hasil rapat Komisi IV dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, beserta pihak kontraktor, pihak DPRD Riau pesimis jembatan itu tuntas tahun 2018 ini sesuai dengan target.

Anggota Komisi IV DPRD Riau, Manahara Manurung menyampaikan, sesudah pihaknya menjalankan rapat pada akhir pekan kemudian, ya melihat amat kecil kemungkinan untuk selesai pada tahun ini, sebab bermacam persoalan.

''Kita kurang yakin boleh selesai tahun ini, dengan pertumbuhan yang kini. Apalagi persentase pencapaian pekerjaannya hingga kini baru 28 persen,'' kata Mahara, Minggu (27/5/2018).

Politisi PDIP ini pun menambahkan, pihaknya berharap kontraktor berkenan memberikan time schedule pada Komisi IV. Berkas itu nantinya bisa berfaidah sebagai pegangan kali menjalankan inspeksi mendadak. ''Kelak dari time schedule , komisi IV pun boleh monitor, sehingga saat kita ke lapangan, sudah ada bahan untuk memantau pekerjaan jembatan Siak IV itu,'' katanya.

Sebagaimana dikenal, jembatan Siak IV sebelumnya adalah proyek mangkrak. Jembatan ini kembali digarap lantaran munculnya tekanan dari penduduk.

Jembatan Siak IV pun mempunyai peran sebagai penghubung antara Jalan Sudirman dengan kawasan Rumbai. Adapun penuntasan proyek ini dipercayakan kepada BUMN PT Brantas Abipraya, dan sampai kali ini masuk berlangsung. Sebelumnya, perwakilan dari PT Brantas Abipraya selaku kontraktor menyebutkan hendak lekas menangani proyek itu cepet tanpa mengesampingkan quality. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:tribunpekanbaru.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww