Ditembaki Tank Israel, 2 Warga Palestina Wafat

Ditembaki Tank Israel, 2 Warga Palestina Wafat
Aksi demonstrasi warga Palestina. (merdeka.com)
Minggu, 27 Mei 2018 21:04 WIB
GAZA - Dua warga Palestina wafat akibat tembakan tank pasukan Israel di pos pengamatan Jihad Islam di Jalur Gaza, Ahad (27/5).

Dikutip dari merdeka.com, kabar tersebut dikonfirmasi Kementerian Kesehatan daerah setempat. ''Mereka yang tewas diidentifikasi sebagai Hussein al-Amour (25 tahun) dan Abdul Haleem al-Naqa (28 tahun). Insiden itu terjadi di bagian timur kota Rafah di Jalur Gaza selatan,'' kata juru bicara kementerian, dikutip dari Middle East Monitor, Minggu (27/5).

Sementara itu, militer Israel mengelak dengan sengaja menyasar warga sipil Palestina. Dalam sebuah pernyataan, mereka menyatakan bahwa tank militer itu menembaki posisi Jihad Islam yang sebelumnya telah meledakkan sebuah mesin di dekat pagar pemisah Israel dari Jalur Gaza.

Dalam insiden terpisah, angkatan udara Israel juga meluncurkan serangan di dua pos Hamas yang mengatur Jalur Gaza.

Operasi itu diluncurkan sebagai pembalasan atas infiltrasi oleh warga Palestina di seberang perbatasan, menurut pengakuan mereka.

Militer Israel juga berdalih bahwa serangan ini dilakukan sebagai pembalasan atas upaya berulang-ulang warga Palestina untuk merusak tembok pembatas dan infrastruktur keamanan selama demonstrasi baru-baru ini.

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan Gaza, setidaknya 118 warga Palestina tewas di tangan pasukan Israel sejak demonstrasi dimulai pada 30 Maret lalu.

Hari paling mematikan dalam demonstrasi tersebut adalah pada 14 Mei lalu, ketika Kedutaan Besar Amerika Serikat dipindahkan dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Demonstrasi lain yang lebih kecil juga terus berlanjut di perbatasan Israel-Mesir dan negara Israel. Banyak pihak menuding tentara Israel menggunakan kekuatan tidak proporsional kepada warga sipil. Bahkan, lembaga HAM juga mendesak penyelidikan menyeluruh terhadap peristiwa ini. ***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/