Dibutuhkan 5 Truk Angkut Barang Berharga dan Uang Tunai yang Disita dari 6 Properti Milik Najib Razak

Dibutuhkan 5 Truk Angkut Barang Berharga dan Uang Tunai yang Disita dari 6 Properti Milik Najib Razak
Istri mantan PM Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor. (lp6c)
Sabtu, 19 Mei 2018 16:21 WIB
KUALA LUMPUR - Penyitaan barang-barang mewah milik Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, oleh kepolisian Malaysia, mengingatkan orang kepada gaya hidup mewah Imelda Marcos, istri mantan Presiden Filipina Ferdinand Marcos.

Dikutip dari liputan6.com, pada 1986 lalu, demonstran yang menyerbu Istana Malacanang di Manila, dilaporkan tercengang saat menemukan 2.700 pasang sepatu di lemari milik Imelda Marcos. Ada merek keluaran Gucci, Charles Jourdan, Christian Dior, Ferragamo, Chanel, Bally, juga Prada.

''Mereka menyisir lemari-lemariku, mencari keberadaan kerangka manusia. Tapi, syukurlah, yang mereka temukan adalah sepatu. Sepatu-sepatu yang cantik,'' kata Imelda Marcos itu saat membuka museum yang memajang sebagian koleksinya, seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (18/5/2018).

Kini, giliran polisi yang menggeledah enam properti terkait Najib Razak, dibuat ternganga melihat koleksi barang mewah diduga milik Rosmah Mansor.

Ditemukan polisi puluhan tas mewah keluaran Chanel, Gucci, Prada, Piana Clerico, Versace, Oscar De La Renta, Michael Kors, Valentino, dan Loewe di kediaman Najib Razak di Jalan Langgak Duta No. 11, Taman Duta, Kuala Lumpur. 

Keberadaan tas-tas itu menyebar, dari ruang penyimpanan hingga surau.

Sejumlah uang dan jam-jam tangan mahal merek Patek Philippe, Richard Mille, serta Rolex ditemukan di kamar putra Najib Razak, plus sejumlah uang dalam ringgit Malaysia dan rupee Sri Lanka. 

Sementara penggeledahan di Pavilion Residences, di mana keluarga Najib Razak menjadi pemilik dua unit apartemen, para penyidik menyita 284 kotak oranye berisi tas mewah diduga Hermes. Ada label bertuliskan jenis tas dan nama-nama diduga pihak pemberi.

Dalam gambar yang diambil Malay Mail, ada kotak yang memuat label bertuliskan 'H-bag Fuschia Pink Croco Skin Hermes'. Ada juga kotak dengan label 'Fushia Pink Croco Skin Hermes w / Diamante'.

Tak hanya itu, penyelidik juga membawa keluar 72 koper berisi perhiasan, uang tunai dari berbagai denominasi, jam tangan mahal, dan barang-barang berharga lainnya. Butuh lima truk untuk mengangkutnya.

Seperti dikutip dari todayonline.com, penggeledahan pada Kamis malam 17 Mei 2018 akan membuktikan apakah Rosmah Mansor adalah pemilik 'diamond-encrusted fuchsia pink crocodile Hermes Birkin' yang tersohor.

Pada 2015, tas mewah itu dijual dalam lelang di Christie’s International Plc, Hong Kong. Harga jualnya bernilai fantastis, yakni US$ 223 ribu atau saat ini setara Rp3,159 miliar.

Menurut Telegraph, 10 tas termahal yang terjual dalam pelelangan itu dibeli oleh pembeli rahasia dari Asia.

Tak lama setelah kabar soal lelang itu muncul, foto Rosmah Mansor dengan tas serupa beredar di media sosial, memicu rumor bahwa ia adalah pemiliknya. Namun, kabar tersebut dibantah pihak istri Najib Razak itu.

Belum semua barang mewah koleksi keluarga Najib Razak dikuak ke publik.

Direktur Bukit Aman Commercial Criminal Investigation Department (CID), Amar Singh mengatakan, pihaknya masih harus menaksir nilai barang satu-persatu sebelum memastikan nilai totalnya.

''Nilai total dari barang-barang tersebut belum bisa ditentukan saat ini,'' kata Singh seperti dikutip dari Straits Times, Jumat malam. Namun, ia menambahkan, ''Nilai perhiasannya agak besar.''

Sejauh ini belum ada komentar dari Najib Razak maupun Rosmah Mansor terkait temuan barang-barang mewah tersebut.

Penggeledahan yang dilakukan polisi terkait dengan skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Sebelumnya, Departemen Kehakiman AS mengatakan, duit sebesar US$ 4,5 miliar dijarah dari dana investasi 1MBD oleh rekanan perdana menteri antara 2009 dan 2014, termasuk US$ 700 juta yang mendarat di rekening bank Najib.

''Mereka memperlakukan dana publik sebagai rekening bank pribadi,'' kata Jaksa Agung AS, Loretta Lynch pada konferensi pers Juli 2016 lalu.

Departemen Kehakiman di Amerika Serikat, dalam penyelidikan, juga menemukan petunjuk bahwa Rosmah Mansor diduga membeli sebuah berlian pink dengan dana 1MDB. Nilainya tak main-main, yakni US$ 23 juta atau kini setara dengan Rp325,6 miliar. ***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww