Jamaah Tarikat Syattariyah di Aceh Mulai Puasa Selasa

Jamaah Tarikat Syattariyah di Aceh Mulai Puasa Selasa
Ilustrasi. (waspada)
Senin, 14 Mei 2018 22:30 WIB
BANDA ACEH - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 1439 Hijriyah jatuh pada Kamis (17/5/2018). Berbeda dengan Muhammadiyah, jamaah tarikat Syattariyah di Provinsi Aceh sudah mulai puasa Ramadhan 1439 H Selasa (15/5).

Dikutip dari okezone.com, masyarakat Aceh yang mulai puasa besok merupakan pengikut ajaran Habib Muda Seunagan (Peuleukung).

Cucu Habib Muda Seunagan, Said Kamaruddin mengatakam, puasa mulai Selasa merupakan hasil keputusan rapat dengan para ulama pengikut tarikat Syattariah Habib Muda Seunagan.

''Kita berpuasa lebih awal ini berdasarkan hisab hitungan lima, bagi pengikut Habib Muda Seunagan sekitar ribuan masyarakat mulai melaksanakan Salat Tarawih Senin malam,'' kata Said Kamaruddin saat dihubungi wartawan, Senin (14/5/2018).

Sebagai pemegang amanah, Abu Habib Qudrat sudah menghimbau kepada seluruh pengikut Habib Muda Seunagan yang berada di Kabupaten Nagan Raya, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Barat dan Pidie untuk melaksanakan ibadah puasa besok.

Dikatakan Said, pengikut Habib Seunagan sudah puluhan tahun silam menentukan bulan suci Ramadhan lebih awal dua atau tiga hari dari jadwal puasa pada umumnya. Jadi pada tahun ini mereka melaksanakan puasa dua hari lebih awal.

Menurutnya, pada 2018 ini, dengan mereka berpuasa besok maka jumlah puasa mereka nantinya penuh selama 30 hari. Dan begitu juga pada hari raya Idul Fitri, pengikut Habib Seunagan ini akan merayakannya sesudah puasa selama penuh 30 hari.

''Seluruh pengikut Habib Muda Seunagan agar dalam menjalankan ibadah puasa sering di isi dengan ibadah lainnya. Dan bila nanti hari Raya lebih awal agar menghargai orang lain yang masih berpuasa,'' ungkap Said.

Pemerintah Aceh melalui Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh menetapkan awal Ramadhan jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018. Namun, penentuan satu Ramadhan itu akan diumumkan kembali secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia.***

Editor:hasan b
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/