Najib ke Indonesia Usai Dijungkalkan Mahathir, Kabarnya Ini Tujuannya

Najib ke Indonesia Usai Dijungkalkan Mahathir, Kabarnya Ini Tujuannya
Najib Razak usai memberikan suaranya pada Pemilu Malaysia, Rabu lalu. (kompas.com)
Sabtu, 12 Mei 2018 13:14 WIB
KUALA LUMPUR - Najib Razak gagal mempertahankan jabatannya sebagai Perdana Menteri Malysia, setelah dijungkalkan politisi gaek Mahathir Mohamad pada Pemilu Malaysia beberapa hari lalu.

Dikutip dari republika.co.id, Najib Razak dan keluarga dijadwalkan berangkat ke Jakarta pada Sabtu (12/5) pagi menggunakan penerbangan jet pribadi. Kunjungan Najib ke Indonesia hanya untuk beristirahat.

''Setelah lebih dari empat dekade dalam politik dan kampanye pemilihan baru-baru ini, yang sangat disesalkan saya pribadi dan mungkin yang paling intens dalam sejarah Malaysia, saya akan mengambil istirahat sejenak untuk menghabiskan waktu bersama keluarga saya yang belum saya lihat cukup dalam beberapa tahun terakhir,'' kata Najib dalam cicitannya di Twitter.

Mahathir telah dilantik menjadi perdana menteri ketujuh Malaysia dan menjadi perdana menteri tertua.

Mahathir berjanji akan menyelidiki skandal korupsi multi-miliar dolar AS di dana negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB), yang didirikan oleh Najib. Najib secara konsisten membantah melakukan kesalahan sehubungan dengan 1MDB. kesalahan sehubungan dengan 1MDB.

The Wall Street Journal, mengutip orang-orang yang dekat dengan Mahathir, dilaporkan sebelumnya pada Sabtu (12/5) bahwa Najib akan dicegah meninggalkan negara itu. Reuters tidak dapat memverifikasi laporan itu.

Manifes jet, yang dijadwalkan terbang dari bandara dekat Kuala Lumpur ke ibu kota Indonesia pada pukul 10.00 WIB itu menamai Najib dan istrinya, Rosmah Mansor, sebagai penumpang. Hal itu diungkapkan oleh dua sumber dan dua laporan media sebelumnya.

Sebuah sumber di pemerintahan Mahathir mengatakan bahwa Najib akan berlibur. Malaysiakini, sebuah portal berita, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang dekat dengan Najib. Sumber itu mengatakan bahwa Najib akan beristirahat selama dua hari di Indonesia.

Mahathir yang sebelumnya telah menjadi perdana menteri selama 22 tahun itu adalah mentor Najib. Lalu ia berbalik menentang Najib karena skanda 1MDB, dan memimpin oposisi dalam pemilihan umum pekan ini.

Dalam cicitan lainnya, Najib berdoa agar Malaysia kembali bersatu setelah periode yang memecah belah selama ini. ''Saya minta maaf atas segala kekurangan dan kesalahan, dan saya berterima kasih kepada Anda, para rakyat, atas kesempatan untuk memimpin bangsa kita yang besar,'' ujar Najib.

Najib mungkin paling diingat atas skandal 1MDB, karena dia memimpin dewan penasihat sampai 2016. Berita skandal tersebut menyeruak pada 2015. Sekitar 700 juta dolar AS yang diduga dicuri dari 1MDB telah masuk ke rekening bank pribadinya.

Dia membantah melakukan kesalahan dan diperkuat oleh jaksa agung Malaysia. Bahkan ketika otoritas Amerika Serikat (AS) menuduh bahwa lebih dari 4,5 miliar dolar AS dicuri seorang investor yang dekat dengan Najib dan keluarganya, jaksa agung itu tetap berpegang pada pendiriannya.

Jaksa Agung AS Jeff Sessions menyebut skandal 1MDB sebagai korupsi terburuk. Dana di perusahaan tersebut merupakan subyek investigasi pencucian uang di setidaknya enam negara, termasuk Swiss, Singapura, dan AS.

Departemen Kehakiman AS dalam gugatan perdata mengindikasikan hampir 30 juta dolar AS digunakan untuk membeli perhiasan untuk istri perdana menteri, Rosma. Perhiasan tersebut termasuk berlian merah muda 22 karat yang langka yang ditempatkan dalam sebuah kalung. ***

loading...
Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww