Polisi Sebut Masalah Sepele Ini Penyebab Rusuh di Mako Brimob

Polisi Sebut Masalah Sepele Ini Penyebab Rusuh di Mako Brimob
Aparat polisi bersiaga di depan Mako Brimob. (merdeka.com)
Rabu, 09 Mei 2018 17:55 WIB
JAKARTA - Kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Selasa (8/5) malam, menyebabkan lima orang anggota polisi dan seorang narapidana teroris tewas.

Dikutip dari republika.co.id, Karopenmas Polri Brigjen Muhammad Iqbal, menyebutkan, kerusuhan tersebut karena hal sepele.

''Pemicunya adalah hal sepele," kata Karopenmas Polri Brigjen Muhammad Iqbal, Rabu (9/5).

Menurut Iqbal, kerusuhan dipicu karena makanan kiriman untuk napi. Dijelaskannya, makanan atau benda apa pun yang dikirimkan kepada tahanan harus sesuai dengan standard operating procedure (SOP). ''Masalah makanan, yang harus sesuai SOP verifikasi dari kami,'' katanya.

Namun, napi tersebut tidak terima sehingga cekcok antara napi dan petugas pun tidak dapat dihindari.

Kerusuhan terjadi pada Selasa (8/5) malam pukul 19.30 WIB. Sejumlah tahanan membobol pintu dan dinding sel tahanan, kemudian cekcok dengan petugas dan berakhir kerusuhan.

Polri Diminta Transparan

Pengamat terorisme Harits Abu Ulya menyayangkan adanya keributan di Rutan Mako Brimob tersebut. Namun, karena keributan sudah terjadi, Harist mendorong agar kepolisian bisa transparan sehingga menghilangkan spekulatif yang saat ini masih berseliweran soal kabar penyanderaan maupun aparat yang tewas.

''Biar publik tidak berspekulasi maka alangkah baiknya jika pihak kepolisian transparan membeber kronologi yang sebenar-benarnya,'' ujar Harits kepada Republika.co.id, Rabu (9/5).

Harits mengatakan, jika kabar penyanderan anggota polisi sampai perampasan senjata api oleh para napi adalah benar, keributan tersebut menjadi hal serius. Polisi, kata dia, perlu melakukan evaluasi atas kelalaian yang terjadi.

Polisi juga perlu mengkaji kembali apakah peristiwa tersebut murni karena adanya kelalaian dari aparat ataukah memang kondisi di luar prediksi. Harist berharap agar kepolisian tidak menutup-nutupi peristiwa tersebut. Kemudian, polisi bisa menjelaskannya kepada publik tentang apa penyebab sesungguhnya dari kerusuhan di Mako Brimob.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/