Peringati Hari Kartini, Polwan Cantik Berkebaya Atur Lalu Lintas

Peringati Hari Kartini, Polwan Cantik Berkebaya Atur Lalu Lintas
Polwan berkebaya mengatur lalu lintas. (tribunnews.com)
Sabtu, 21 April 2018 16:22 WIB
JAKARTA - Pemandangan tak biasa terlihat di Jalan Jatinegara hingga depan Polsek Matraman, Jakarta, Sabtu (21/4/2018) pagi. Para Polwan mengenakan busana kebaya saat mengatur lalu lintas. Hal itu mereka lakukan untuk memperingati Hari Kartini.

Dikutip dari tribunnews.com, penampilan Polwan-Polwan cantik itu menjadi pusat perhatian para pengendara yang lewat, Warga pun meresponsnya dengan sapaan, senyuman, hingga lambaian tangan.

Bripda Neneng Nurwansyah yang bertugas saat itu menyampaikan kebanggaannya dapat turut serta memeriahkan peringatan Hari Kartini ini.

''Ada kebanggaan tersendiri menggunakan baju ini, karena baru kali ini kami khususnya saya, memperingati Hari Kartini menggunakan baju kebaya saat bertugas,'' ungkap Bripda Neneng saat mengatur lalin di lampu merah kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat.

Pengendara yang tidak melengkapi dirinya dengan helm, bukannya ditilang, mereka malah diberikan helm secara cuma cuma.

Mereka juga diimbau untuk tidak mengulanginya lagi di kemudian hari. Helm yang diberikan terkualifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

''Mungkin awalnya dia (pengendara) kaget, karena petugas yang berhentiin juga pake baju dinas. Setelah dia sadar kesalahannya, paham dan kita peringati, barulah kita kasih helm dalam rangka Hari Kartini juga,'' kata Bripda Neneng.

Pengaturan lalu lintas dengan baju kebaya ini adalah gabungan dari 10 Polsek termasuk Polwan Polres Jakarta Timur. Pelaksanaannya dimulai dari Cawang sampai Polres Metro Jakarta Timur.

Tujuan pembagian helm, di samping peringatan Hari Kartini, juga dalam rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), pengaturan lalin supaya tertib berlalu lintas di jalan.

AKP Tristian Dini yang mendampingi anak buahnya di lapangan berharap Hari Kartini ini dapat dijadikan momentum peningkatan kinerja polwan dan menekankan persamaan gender harus diutamakan.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas, dan lebih meningkatkan lagi citra wanita Indonesia yang baik dan bermartabat oleh semua lapisan masyarakat.

''Dalam rangka Hari Kartini ini, ayo tertib berlalu lintas, tingkatkan juga citra wanita Indonesia dari kalangan bawah sampai ke atas,'' kata AKP Dini.***

Editor:hasan b
Sumber:tribunnews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww