Ada Foto Jokowi dalam Sertifikat Tanah yang Dibagikan, Begini Kata Politisi Demokrat, Gerindra dan PDIP

Ada Foto Jokowi dalam Sertifikat Tanah yang Dibagikan, Begini Kata Politisi Demokrat, Gerindra dan PDIP
Presiden Jokowi membagikan sertifikat tanah kepada warga. (int)
Sabtu, 21 April 2018 16:53 WIB
JAKARTA - Dalam bundel sertifikat tanah yang dibagi-bagikan kepada rakyat, diselipkan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu menuai kritikan dari politisi Partai Demokrat dan Gerindra.

Dikutip dari merdeka.com, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan, pihak Jokowi tidak perlu menyelipkan foto dalam sertifikat tanah tersebut.

''Pembagian sertifikat, enggak usah pakai foto lah. Di sekolah-sekolah kan sudah ada (foto Jokowi). Enggak usah ditempel di sertifikat lah,'' kata Roy di Resto Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (21/4).

Menurut Roy, adanya foto Jokowi dalam sertifikat tanah itu justru dapat mengubah simpati rakyat kepadanya. ''Bisa membalik, simpati menjadi antipati,'' tegasnya.

Roy menyarankan kubu Jokowi untuk tidak menggunakan cara-cara yang kurang baik untuk menaikkan elektabilitas. Dia menilai jika posisi Jokowi belum aman untuk kembali menjadi presiden di periode kedua. Hal ini karena berdasarkan hasil beberapa lembaga survei, elektabilitas Jokowi masih di bawah 50 persen.

Contohnya saja, survei median yang menyebut elektabilitas Jokowi masih di angka 36,2 persen.

''Saya sepakat dengan pak Riza Patria (politisi Gerindra), incumbent harus berupaya lagi karena belum aman. Tapi saya tidak sepakat kalau upaya dengan segala cara, kalau dalam sepakbola namanya offside,'' tuturnya.

Sementara Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, adanya foto Jokowi dalam sertifikat tanah itu tersebut menandakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak percaya diri bertarung di Pilpres 2019.

''Di tengah berbagai cara dengan kebijakan yang tidak baik termasuk foto dalam sertifikat menandakan pak Jokowi tidak pede. Kami meyakini pada saatnya 2019 memang perlu diganti dan insya Allah Prabowo penggantinya,'' ujarnya.

Bukan Pemintaan Jokowi

Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengatakan, Jokowi tidak pernah meminta fotonya dipasangkan dalam sertifikat, spanduk atau baliho.

''Itu bukan kerjaan pak Jokowi,'' kata Masinton di Resto Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (21/4).

Dia menduga diselipkannya foto Jokowi pada lembar sertifikat tanah dilakukan oleh menteri maupun Dirjen terkait. Masinton juga membantah anggapan beredarnya foto Jokowi di sertifikat tanah lantaran tidak 'pede' bertarung di Pilpres 2019.

''Nah kalau itu tentu bukan kerja dari seorang Presiden, bisa jadi itu kerja menterinya yang bersangkutan, atau Dirjennya. Saya enggak tahu,'' tegasnya.

Anggota Komisi III DPR ini meminta staf kepresidenan melakukan investigasi terkait munculnya foto Jokowi di sertifikat tanah tersebut. Sebab, masalah ini dianggap merugikan Jokowi.

''Saya enggak tahu itu tugasnya di staf kepresidenan untuk menginvestigasi itu, karena itu juga merugikan pak Jokowi. Saya yakin bukan kerjaan presiden,'' tandas Masinton.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww