Jadi Plt Dirut Pertamina, Ini Profil Nicke Widyawati

Jadi Plt Dirut Pertamina, Ini Profil Nicke Widyawati
Plt Dirut Pertamina Nicke Widyawati. (sindonews)
Jum'at, 20 April 2018 20:55 WIB
JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) yang digelar hari ini, Jumat (20/4/2018), memutuskan mencopot Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama (Dirut) dan menunjuk Nicke Widyawati sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Pertamina.

Dikutip dari sindonews.com, Deputi bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, Nicke Widyawati ditunjuk sebagai Plt Dirut Pertamina, karena saat ini dia merupakan Ketua Tim Holding Migas.

''Sehingga, proses pembentukan holding migas akan lebih cepat meskipun terjadi pergantian direksi,'' ujarnya di Gedung Kementerian BUMN, Jumat.

Karier Nicke di Pertamina dimulai sejak November 2017 lalu. Ketika itu, perempuan kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 25 Desember 1967 ini ditarik menjadi Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus merangkap Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina.

Menteri BUMN Rini Soemarno saat itu mengatakan, Nicke adalah sosok yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja SDM Pertamina. ''Bu Nicke itu yang Pertamina perlukan,'' kata Rini pada Selasa (28/11/2017).

Merangkum dari berbagai sumber, nama Nicke mulai mencuat sejak 2013. Ketika itu, ia memenangkan Anugerah Perempuan Indonesia 2013 dari Kementerian BUMN, dan penghargaan Women's Work of Female Grace 2013 Indonesia dari Indonesia Asia Institute.

Perempuan jebolan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) ini, mengawali kariernya di dunia perbankan. Pada 1988, ia mendapat tawaran kerja di Bank Duta cabang Bandung. Setelah menyelesaikan kuliah pada 1991, ia meninggalkan dunia perbankan dan beralih ke dunia konstruksi.

Nicke masuk ke PT Rekayasa Industri (Rekin) pada 1991. Di tempat baru, Nicke banyak bertugas di lapangan, salah satunya menggarap proyek Pupuk Sriwijaya 1B di Palembang, Sumatera Selatan. Setelah itu, ia dipercaya menjadi Direktur Utama PT Mega Eltra--perusahaan BUMN yang bergerak di bidang kelistrikan dan peralatan teknik.

Dari Mega Eltra, karier Nicke yang merupakan Master Hukum Bisnis dari Universitas Padjajaran berpindah ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Di PLN, ia pernah berkarier sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN. Nicke merupakan perempuan pertama yang dipercaya menjadi direktur di PLN.

Lima Direksi Diberhentikan

Sebanyak lima direksi diberhentikan dalam hasil RUPS Pertamina hari ini. Mereka adalah Direktur Utama Pertamina, Direktur Pengolahan, Direktur Mega Proyek, Direktur Aset, dan juga Direktur Pemasaran Korporat.

Berikut susunan direksi baru Pertamina:

Plt Direktur Utama sekaligus Direktur SDM: Nicke Widyawati

Direktur Pengolahan: Budi Santoso Syarif

Direktur Keuangan: Arief Budiman

Direktur Pemasaran Korporasi: Basuki Trikora Putra

Direktur Pemasaran Retail: Masud Hamid

Direktur Manajemen aset: M Haryo Junianto

Direktur MPP: Heru Setiawan

Direktur infrastruktur: Gandhi Sriwidjojo. ***

Editor:hasan b
Sumber:sindonews.com dan liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww