Difitnah Rusia Tembak Malaysian Airlines MH17, Pilot Militer Ukraina Bunuh Diri

Difitnah Rusia Tembak Malaysian Airlines MH17, Pilot Militer Ukraina Bunuh Diri
Puing Malaysian Airlines MH17. (republika.co.id)
Selasa, 20 Maret 2018 06:44 WIB
UKRAINA - Pilot militer Ukraina, Kapten Vladyslav Voloshyn, menembak dirinya sendiri dengan ppistol hingga tewas, karena dituduh Rusia menembak jatuh pesawat Malaysian Airlines MH17.

Dikutip dari republika.co.id, Vladyslav Voloshyn telah mengutuk tuduhan Rusia itu sebagai sebuah kebohongan (fitnah).

Penyelidik Belanda menyimpulkan bahwa rudal Rusia Buk yang telah menghancurkan jet Boeing 777, menewaskan 298 orang.

Laporan mengatakan Voloshyn menembak dirinya sendiri di rumahnya di Mykolaiv, dekat Laut Hitam, seperti diberitakan BBC, Senin (19/3). Ukraina menggambarkannya sebagai pahlawan perang.

Dia telah menerbangkan 33 misi tempur dalam pesawat jet tempur Su-25 yang sedang terbang rendah melawan pemberontak separatis yang didukung Rusia di bagian timur Ukraina.

Baru-baru ini pria berusia 29 tahun ini bertugas di bandara Mykolaiv. Kota selatan dekat Odessa ini disebut Nikolayev oleh penutur bahasa Rusia.

Anggota keluarga yang dikutip oleh media Ukraina mengatakan bahwa dia merasa tertekan. Mereka berada di flat saat dia menembak dirinya sendiri pada hari Minggu (18/3).

Mereka segera memanggil ambulans, namun dia meninggal di rumah sakit. Pejabat Rusia tidak hanya menuduh pesawat Voloshyn menembak jatuh MH17.

Menurut teori Rusia lainnya, ini adalah sebuah Buk militer Ukraina - tidak lagi beroperasi di Rusia - yang menenggelamkan pesawat tersebut.

Pakar independen - selain tim Belanda - menolak klaim Rusia tersebut, dengan mengatakan bahwa bukti tersebut menunjuk sebuah Buk yang dipecat oleh pemberontak pro-Rusia atau unit militer Rusia.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww