Suasana Mencekam Saat Pesawat Mendarat, Tentara dan Jet Tempur Bersiaga di Bandara, Ternyata Ini Penyebabnya

Suasana Mencekam Saat Pesawat Mendarat, Tentara dan Jet Tempur Bersiaga di Bandara, Ternyata Ini Penyebabnya
Pesawat Lufthansa. (int)
Rabu, 28 Februari 2018 16:27 WIB
JAKARTA - Suasana sangat mencekam terjadi saat pesawat Luftansa yang terbang dari Aberdeen, Skotlandia, akan mendarat di bandara Frankfurt, Jerman.

Dikutip dari merdeka.com, pesawat itu awalnya mengalami masalah di udara saat hendak mendarat di bandara Frankfurt, pekan lalu. Insiden itu terjadi saat pilot bersiap mendaratkan pesawat.

Namun secara tidak sengaja melakukan blunder dengan memasukkan kode yang salah pada sistem pesawat.

Menurut maskapai itu, masalah teknis di kokpit itu membuat komunikasi terganggu. Hanya pilot saja yang bisa mengirim pesan ke petugas air traffic control. Namun tak bisa menerima pesan dari luar.

Saat kru ingin melaporkan masalah ini, mereka secara tidak sengaja memasukkan kode yang keliru. Kode yang dimasukkan itu justru merupakan tanda bahwa pesawat dalam kondisi dibajak.

Kru pesawat baru menyadari kesalahan itu duapuluh menit setelah membuat kekeliruan. Petugas di darat pun sudah panik dengan mengerahkan petugas di bandara.

Juru Bicara Kepolisian Federal Jerman, Reza Ahmari, mengatakan bahwa saat itu keamanan ditingkatkan pada level tertinggi dengan menyiap-siagakan polisi dan tentara. Tak hanya itu, jet tempur juga telah disiapkan untuk menghalau pesawat Embraer ERJ-190 itu.

Namun, pesawat yang mengangkut 43 penumpang itu akhirnya mendarat dengan selamat meski harus tertunda seperempat jam dari jadwal seharusnya.

Sistem komunikasi pesawat kemudian dibenahi dan pesawat itu kemudian terbang kembali. Juru Bicara Lufthansa menyebut insiden itu, ''sangat tidak biasa.''***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/