Akun Ustaz Abdul Somad Diblokir Instagram, Menkominfo Tegaskan Pihaknya Tak Campur Tangan

Akun Ustaz Abdul Somad Diblokir Instagram, Menkominfo Tegaskan Pihaknya Tak Campur Tangan
Ustaz Abdul Somad memberikan tausyiah. (lp6c)
Senin, 26 Februari 2018 11:29 WIB
JAKARTA - Akun Ustaz Abdul Somad di Instagram, ustadabdulsomad, mendadak hilang, Sabtu malam (24/2/2018). Setelah diprotes warganet, akun ustaz kondang asal Riau itu aktif kembali Minggu sore.

Dikutip dari liputan6.com, terkait penangguhan akun Ustaz Abdul Somad oleh Instagram, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menegaskan pihaknya tidak campur tangan soal hal tersebut.

Disampaikan Menkominfo Rudiantara, mereka sama sekali tidak menerima laporan dari konten yang diunggah Ustaz Abdul Somad, apalagi melaporkannya ke Instagram.

''Saya dan teman-teman (di Kemkominfo) tidak meminta Instagram untuk memblokir atau take down akun Ustaz Abdul Somad,'' jelas pria yang akrab disapa Chief RA ini kepada Tekno Liputan6.com, Senin (26/2/2018).

Walau sudah pulih, pihak Kemkominfo--lewat Dirjen Aptika--sedang menanyakan alasan mengapa Instagram menangguhkan akun Instagram Ustaz Abdul Somad.

Ditambahkan oleh Rudiantara, pengguna Instagram sebetulnya bisa meminta penangguhan akun lain jika memang ada pedoman yang keliru atau salah di dalamnya.

''Kami juga menanyakan hal tersebut pada Facebook atau Instagram. Kan prinsipnya, semua pemegang akun platform bisa mengajukan untuk suspend atau take down berdasarkan kriteria dari platform-nya,'' tandas pria berkacamata ini.

Diprotes Warga

Penutupan akun Instagram Ustaz Abdul Somad pun sontak memicu beragam reaksi warganet. Berikut beberapa pendapat warganet yang kami rangkum.

''Terimakasih kang @ridwankamil atas usahanya buat kembaliin akunnya ustadz Abdul somad, krn masih banyak yg menunggu dakwahnya beliau, semoga yg ngereport diberi hidayah, tks ya kang sukses buat akang,'' tulis @yatisuryati.rne.

''Mungkin banyak yg report :'', sambut @hafidzmawla99.

''@instagram please reopen @ustadzabdulsomad Because it's useful account, thanks,'' ujar @standing.girl.

Hingga kini pihak Instagram belum buka suara terkait penutupan akun Ustaz Abdul Somad.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww