Agar Tidak Dibungkam, Ulama Harus Tolak Pemberian dari Penguasa dan Politisi

Agar Tidak Dibungkam, Ulama Harus Tolak Pemberian dari Penguasa dan Politisi
Ilustrasi. (republika.co.id)
Selasa, 20 Februari 2018 11:18 WIB
SOKOTO - Ulama harus menolak pemberian atau hadiah dari penguasa dan politisi. Sebab hadiah tersebut bisa merupakan bagian dari upaya membungkam ulama.

Peringatan kepada para ulama ini ditegaskan Imam Kepala Masjid Sifawa Jumat di Sokoto State, Nigeria Dr Ibrahim Liman.

Dikutip dari republika.co.id, Liman menekankan, bahwa satu-satunya cara para pengkhotbah dapat memberi tahu pemimpin tentang kebenaran adalah dengan menghindari pemberian.

Liman memberi nasihat tersebut pada saat khutbah bulanan Muslim Sisters Organisation (MSO). Dia mengatakan, sebelum seseorang dapat mengikuti latihan khutbah, dia seharusnya secara ekonomi dalam kondisi yang baik agar tidak tergoda atau terpengaruh untuk menerima pemberian. Karena menurutnya, beberapa pemimpin bisa menipu dan membungkam para ulama.

''Para politisi itu bisa memikat mereka dengan hadiah. Inilah sebabnya mengapa saya mendesak para pengkhutbah untuk menghindari mengumpulkan hadiah dari mereka,'' kata Liman, dilansir dari Daily Post, Selasa (20/2).

Liman mengatakan, para pengkhutbah harus mandiri dengan terlibat dalam bisnis yang halal sehingga tidak bergantung pada pemberian dari politisi.

''Hal itu bisa merusak reputasi mereka dan organisasi yang mereka wakili,'' tambahnya.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77