Larang Siswi Berjilbab dan Puasa, Kepala Sekolah di London Dituduh Islamofobia

Larang Siswi Berjilbab dan Puasa, Kepala Sekolah di London Dituduh Islamofobia
Para Muslimah di London. (republika.co.id)
Senin, 19 Februari 2018 07:28 WIB
LONDON - Kepala sekolah dasar St Stephen di Newham, London timur, Inggris, Neena Lall, melarang siswi berjilbab, khususnya siswi berusia di bawah delapan tahun. Kebijakan itu menyebabkan Neena diserang melalui online, termasuk menuduhnya Islamofobia.

Dikutip dari republika.co.id, polisi di Inggris tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus serangan melalui online yang dialami kepala sekolah St Stephen tersebut.

Neena Lall bersama mantan ketua gubernur sekolah, Arif Qawi mengaku telah menerima email, postingan Facebook dan pesan media sosial lainnya yang memuat kata-kata kasar. Selain menuduhnya Islamofobia, ada juga yang memanggilnya sebagai ''orang bodoh''.

Sekolah dasar St Stephen menjadi sorotan setelah menjadi sekolah pertama memberlakukan larangan jilbab bagi anak perempuan di bawah usia delapan tahun. Namun, mereka terpaksa membatalkan keputusannya setelah mendapatkan kritikan yang meluas.

Arif Qawi pun telah mengundurkan diri sebagai ketua gubernur sekolah pada Jumat lalu. Pengunduran diri tersebut menyusul pesan ofensif yang diposting di media sosial terhadapnya dan kepala sekolah asal India Neena Lall. ''Dia memberi tahu bahwa jika saya pergi, kampanye akan berhenti,'' kata Qawi seperti dilansir dari laman Arabnews, Senin (18/2).

Sekolah St Stephen juga dilaporkan melarang murid Muslim berpuasa pada hari-hari sekolah selama bulan Ramadhan. Namun, Qawi membantah klaim tersebut. ''Kami sama sekali tidak melarang berpuasa sama sekali, tapi kami mendorong (anak-anak) untuk berpuasa pada hari libur, di akhir pekan dan tidak di kampus sekolah,'' ujar Qawi kepada The Sunday Times.

''Di sini kita bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan mereka jika mereka lulus di kampus. Itu tidak adil bagi kita,'' imbuhnya.

Berdasarkan pedoman Departemen Pendidikan di Inggris, kebijakan seragam adalah masalah bagi individual kepala sekolah dan badan pemerintahan mereka.

Sekolah St Stephen tersebut, dengan mayoritas murid dari latar belakang India, Pakistan atau Bangladesh, telah mendesak pemerintah Inggris untuk mengeluarkan panduan yang jelas mengenai masalah hijab dan puasa keagamaan yang berkaitan dengan murid-murid yang sangat muda untuk mencegah reaksi balasan dari orang tua.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/