Foto Jurnalis Reuter Ini Bukti Nyata Pembantaian Terhadap Muslim Rohingya di Rakhine

Foto Jurnalis Reuter Ini Bukti Nyata Pembantaian Terhadap Muslim Rohingya di Rakhine
Foto para pria Muslim Rohingya sebelum dieksekusi tembak militer Myanmar dan warga Buddha. (reuter/sindonews.com)
Minggu, 11 Februari 2018 09:35 WIB
YANGOON - Jurnalis Reuter berhasil mengambil foto-foto bukti pembantaian yang dilakukan militer Myanmar dan warga Budha terhadap Muslim Rohingya di Rakhine.

Foto-foto yang telah dirilis kantor berita Reuters itu memicu PBB menyerukan penyelidikan itu sejatinya bagian dari proses investigasi jurnalis media Amerika Serikat (AS) tersebut.

Foto-foto itu pula yang diduga menjadi penyebab wartawan Reuters ditangkap pihak berwenang Myanmar. Salah satu foto yang mengganggu pemerintah Myanmar adalah eksekusi tembak dari jarak dekat terhadap 10 pria Rohingya.

Eksekutor dalam pembantaian itu melibatkan tentara militer Myanmar dan para warga etnis Buddha.

Media AS tak menjelaskan bagaimana jurnalisnya memperoleh foto eksekusi di luar hukum tersebut. Pembantaian diduga terjadi pada 2 September tahun lalu di sebuah lokasi di desa Inn Din, Rakhine, di mana para korban dikubur secara massal.

Dalam salah satu foto itu, ke-10 korban diikat dalam satu barisan dan menghadap ke kamera. Di foto lain, terlihat mayat orang-orang ditumpuk di sebuah gundukan penuh darah. Jasad-jasad yang ditumpuk itu terlihat sama dengan ke-10 pria yang dieksekusi tembak.

Dua wartawan yang betugas melakukan investigasi, Wa Lone dan Kyaw Soe Oo, hingga saat ini mendekam di penjara Myanmar. Mereka dituduh melanggar rahasia resmi negara Myanmar.

Menurut para saksi mata, desa Inn Din dibakar dan dijarah oleh tentara, polisi dan milisi Buddha. Salah satu saksi mata membenarkan bahwa 10 pria Rohingya di eksekusi tembak tentara Myanmar bersama penduduk Buddha di desa tersebut.

''Orang-orang dipaksa untuk menonton saat tetangga Buddha mereka menggali kuburan dangkal,'' kata koresponden Sky News, Ashish Joshi, yang telah mengunjungi kamp pengungsi Rohingya.

''Salah satu foto menunjukkan orang-orang berlutut berturut-turut, yang terakhir menunjukkan mayat orang-orang berdarah ditumpuk di kuburan,'' lanjut dia, yang dilansir Sabtu (10/2/2018).

Juru bicara departemen luar negeri AS Heather Nauert ikut merespons bukti baru pembantaian terhadap etnis Rohingya. ''Laporan tersebut menyoroti kebutuhan mendesak dan mendesak pemerintah Birma (Myanmar) untuk bekerja sama dengan penyelidikan independen yang kredibel atas tuduhan kekejaman di Rakhine utara,'' katanya.***

Editor:hasan b
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77