Tol Padang-Pekanbaru Miliki Terowongan 8,95 Kilometer, di Sini Lokasinya

Tol Padang-Pekanbaru Miliki Terowongan 8,95 Kilometer, di Sini Lokasinya
Jalan tol. (bisnis.com)
Sabtu, 10 Februari 2018 21:39 WIB
PADANG - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah pengerjaan proyek jalan tol yang menghubungan ibu kota Sumatera Barat, Padang, dengan ibu kota Provinsi Riau, Pekanbaru. Jalan tol sepanjang 244 kilometer tersebut ditargetkan selesai tahun 2023.

Pada jalan tol ini nantinya akan ada terowongan sepanjang 8,95 kilometer. Terowongan tersebut berada di wilayah Kabupaten 50 Kota, Sumbar.

Dikutip dari merdeka.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, terowongan tersebut akan menjadi terowongan terpanjang di Indonesia. Terowongan itu juga dibangun menembus Bukit Barisan.

''Ada terowongan, ini nanti mungkin akan jadi terowongan terpanjang di Indonesia,'' katanya di Padang, Jumat (9/1).

Jokowi mengungkapkan, pembangunan terowongan ini membutuhkan dana sebesar Rp9 triliun. Dana itu termasuk dalam total pembangunan jalan tol Padang- Pekanbaru Rp78,09 triliun.

''Terowongan saja itu (anggaran) Rp9 triliun, Rp9 triliun jika di miliarkan berarti Rp9.000 miliar. Kita bisa bayangin kalau dijutakan itu berapa berarti. Rp9 juta-juta, uang yang sangat besar sekali tapi ini sudah dihitung,'' ujarnya.

Sementara itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menuturkan terowongan ini dibuat supaya tidak merusak alam di sekitar Bukit Barisan. Menurutnya dengan dibangun terowongan maka jaraknya akan lebih pendek.

''Kalau enggak pakai terowongan rutenya lebih panjang 11 km. Karena itu pakai tunnel baru kali ini, panjang tunnelnya kira-kira 9 kilometer,'' tandasnya.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww