Personel Babinsa Temukan Tambang Emas Ilegal di Padang

Personel Babinsa Temukan Tambang Emas Ilegal di Padang
Tambang emas ilegal di Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. (merdeka.com)
Senin, 29 Januari 2018 15:46 WIB
PADANG - Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05, Sabtu (27/1) siang, menemukan tambang emas ilegal di Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

''Iya ada temuan diduga tambang emas tali saat ditemukan tidak ada orang maupun aktivitas di sana. Berawal dari Informasi masyarakat, tetapi tidak beroperasi sekitar dua bulan,'' kata Komandan Kodim (Dandim) 0312 Padang saat dihubungi wartawan, Senin (29/1), seperti dikutip dari merdeka.com.

Dia menjelaskan, berdasarkan informasi masyarakat tambang emas itu milik warga dari luar daerah dan juga mempekerjakan dari luar daerah. Temuan itu masih diselidiki pihak kepolisian dan Kodim.

''Intinya, nanti kita pantau terus kita laporkan ke pihak yang berwajib, sudah ditinggalkan orang cuma alatnya masih ada. Kodim akan koordinasi dengan Polresta Padang,'' ujarnya.

Setahun Beroperasi

Area tambang emas di Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, yang gegerkan masyarakat disinyalir ternyata telah berada selama satu tahun di lokasi. Namun, menurut informasi ternyata dua bulan belakangan tidak beroperasi lagi.

Saat anggota Babinsa Koramil 05 bersama Kodim 0312 Padang datang ke lokasi, area tambang emas tidak beraktivitas dan berpenghuni. Temuan tambang emas ilegal bermula dari informasi masyarakat kepada personel.

Menindaklanjuti laporan temuan itu, personel TNI bergegas bersama warga Pasa Lalang dan Forum Anak Nagari Kuranji berjumlah sekitar 25 orang, serta menuju ke lokasi. Setiba di lokasi, menemukan bedeng dan mesin pengolahan emas, akan tetapi tidak ditemukan aktivitas pertambangan.

Komandan Kodim (Dandim) 0312 Padang, Letkol Kav Eryzal Satria, membenarkan adanya temuan area tambang tersebut. Tambang emas ilegal itu, ditemukan berawal laporan masyarakat kepada seorang personel Babinsa Koramil 05.

''Informasi masyarakat tambang emas itu sudah hampir satu tahun keberadaannya, tetapi tidak beroperasi sekitar dua bulan,'' kata Komandan Kodim (Dandim) 0312 Padang saat dihubungi wartawan, Senin (29/1).***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww