Jangan Lupa Saksikan 'Super Blue Blood Moon', Gerhana Bulan Sekali 152 Tahun

Jangan Lupa Saksikan Super Blue Blood Moon, Gerhana Bulan Sekali 152 Tahun
Ilustrasi. (int)
Senin, 29 Januari 2018 17:06 WIB
JAKARTA - Fenomena alam langka, yakni 'super blue blood moon', akan terjadi Rabu, 31 Januari 2018. Masyarakat Indonesia bisa menyaksikan gerhana bulan yang terjadi sekali 152 tahun ini.

Gerhana bulan yang akan terjadi ini adalah gabungan dari supermoon serta blood moon. Dua fenomena dalam waktu bersamaan ini terakhir terjadi tahun 1866.

Supermoon sendiri adalah fenomena di mana bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi. Hal ini membuat ukuran bulan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya.

Sedangkan blue moon, adalah bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan. Hal ini merujuk pada fakta bahwa Januari ini, terdapat dua kali purnama: pada 1 atau 2 Januari silam, serta 31 Januari mendatang.

Gerhana bulan ini bisa dinikmati di banyak sekali bagian Bumi, termasuk Indonesia. Hanya Amerika Selatan dan Afrika saja yang tak dapat menikmatinya.

Proses gerhana bulan terjadi dalam tahapan berupa gerhana parsial, gerhana total yang merupakan puncaknya, lalu kembali ke gerhana parsial.

Semua proses ini akan selesai dalam waktu 4 jam, dimulai dari pukul 18.48 WIB. Jika ingin menikmati puncaknya, Anda bisa melihat gerhana ini pada pukul 20.30 WIB.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77