Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Inara Rusli dan Virgoun Berdamai demi Anak
Nasional
19 jam yang lalu
Inara Rusli dan Virgoun Berdamai demi Anak
2
Pertamina GM Tournament 2024, Eka Putra Wirya: Terima Kasih PT Pertamina dan Bank Mandiri
Olahraga
22 jam yang lalu
Pertamina GM Tournament 2024, Eka Putra Wirya: Terima Kasih PT Pertamina dan Bank Mandiri
3
Pesta Mewah Victoria Beckham Rayakan Ultah ke-50
Umum
19 jam yang lalu
Pesta Mewah Victoria Beckham Rayakan Ultah ke-50
4
Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Sambut Kelahiran Buah Hati
Umum
20 jam yang lalu
Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Sambut Kelahiran Buah Hati
5
Iqbaal Ramadhan Berbagi Karya dan Kegiatan Terbaru Lewat Saluran WhatsApp Khusus
Nasional
19 jam yang lalu
Iqbaal Ramadhan Berbagi Karya dan Kegiatan Terbaru Lewat Saluran WhatsApp Khusus
6
Mauricio Souza Sebut Permainan Madura United FC Berkembang
Sepakbola
19 jam yang lalu
Mauricio Souza Sebut Permainan Madura United FC Berkembang
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/

Cara Cerdas Kurangi Kentut Berlebihan

Cara Cerdas Kurangi Kentut Berlebihan
1bp.blogsport
Senin, 29 Januari 2018 13:10 WIB

Flatulensi atau dikenal sebagai kentut adalah istilah medis saat tubuh mengeluarkan gas dari sistem pencernaan melalui anus. Anda tidak perlu malu kalau kentut, ini proses yang normal. Yang perlu dikhawatirkan adalah kalau Anda kentut terlalu sering.

Dalam laman Mayo Clinic diperkirakan kentut yang normal adalah sekitar 10-20 kali dalam sehari. Nah, jika terlalu sering, ini justru akan mengganggu, atau bahkan bisa jadi pertanda adanya suatu penyakit. Untuk mengurangi kentut yang berlebihan, berikut ini ada cara-cara praktis yang bisa Anda lakukan di rumah.

Kurangi makanan yang mengandung gas tinggi

Bukan berarti harus dihindari, karena beberapa makana ini justru sehat untuk tubuh Anda. Tapi jika Anda merasa mudah kembung dan terlalu sering buang angin, ada baiknya Anda mulai mengurangi makan makanan yang bisa menghasilkan gas, seperti:

-Kacang-kacangan

-Kol

-Kismis

-Bawang bombay

-Brokoli

-Kembang kol

-Jamur

-Bir dan minuman berkarbonasi lainnya

Di usus besar, makanan-makanan ini akan dipecah oleh bakteri di usus. Proses pemecahan tersebut akan menghasilkan gas yang kemudian dikeluarkan dari anus sebagai kentut.

Selain itu, makanan tertentu seperti bawang dapat menyebabkan produksi gas yang mengandung belerang. Adanya kandungan inilah yang menyebabkan kentut berbau busuk.

2. Makan dan minum dengan perlahan

Saat makan, pastikan Anda mengunyah makanan dengan perlahan untuk mengurangi jumlah udara yang tertelan. Udara yang terlalu banyak terkumpul di dalam pencernaan akan menjadi cikal bakal gas yang akan Anda keluarkan.

3. Hindari pemanis buatan

Gula buatan seperti sorbitol dan mannitol biasanya ditemukan di permen, permen karet, dan produk makanan bebas gula. Bagi beberapa orang yang tubuhnya memiliki toleransi rendah dengan zat ini, akan berdampak timbulnya diare dan peningkatan pembuangan gas.

4. Olahraga teratur untuk memperbaiki pencernaan

Berolahraga dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan, termasuk usus. Hal ini akan membantu mencegah terjadinya kembung dan melancarkan perjalanan gas dalam sistem pencernaan.

5. Kurangi makanan yang tinggi serat untuk sementara

Serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, banyak makanan yang tinggi serat yang bertindak sebagai produsen gas. Sebaiknya kurangi dahulu makanan tinggi serat untuk mengurangi produksi gas yang berlebih. Jika sudah semakin membaik, perlahan tambahkan lagi serat dalam makanan Anda.

6. Kurangi kebiasaan menelan udara

Kebiasaan sehari-hari tanpa disadari ternyata memicu tubuh memasukan udara ke dalam tubuh. Contohnya merokok, mengunyah permen karet, minum dari sedotan juga bisa meningkatkan volume udara yang menumpuk masuk ke dalam perut.

7. Minum teh chamomile

Teh chamomile bisa membantu mengurangi gangguan pencernaan, termasuk saat ada gas yang terperangkap dalam perut kembung. Minum teh chamomile sebelum makan dan menjelang tidur direkomendasikan untuk mengurangi pembuangan gas yang berlebihan.

8. Minum larutan cuka apel

Encerkan satu sendok makan cuka apel dalam minuman, misalnya dengan air mineral atau teh. Minum sebelum makan secara teratur. Anda bisa mengonsumsi sebanyak 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan. Campuran cuka apel ini dapat mengurangi kentut yang berlebihan.

9. Arang aktif

Arang aktif alias activated charcoal dapat membantu mengurangi kelebihan gas dan kembung. Ini berbeda dengan arang yang Anda temukan di panggangan atau perapian. Arang aktif sudah mengalami perlakuan khusus hingga aman dikonsumsi manusia, bahkan juga sering digunakan dalam makanan dan minuman.

Arang aktif biasanya berbentuk pil, contohnya norit. Ketika arang aktif masuk ke dalam usus, arang akan menempel pada cairan di usus untuk mengurangi gas dan kembung dengan membuat tinja lebih kencang.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/