Tak Direstui Istri dan Anak, Satu Bakal Calon Bupati Batubara Mundur

Tak Direstui Istri dan Anak, Satu Bakal Calon Bupati Batubara Mundur
RM Harry Nugroho. (tribunnews.com)
Rabu, 24 Januari 2018 22:24 WIB
BATUBARA - Beralasan tak direstui istri dan dua anaknya, RM Harry Nugroho, mengundurkan diri sebagai bakal calon bupati Batubara, Sumatera Utara.

Dikutip dari republika.co.id, Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPUD Batubara, Taufik Abdi Hidayat mengatakan, pihaknya sudah menerima surat pengunduran diri Harry. Perwakilan Harry mengantarkan surat tersebut pada Selasa (24/1) sekitar pukul 19.00 WIB.

''Dalam surat itu, RM Harry Nugroho mengundurkan diri dengan alasan tidak mendapat persetujuan dari keluarga. Itu dilampirkan dengan surat dari istri maupun dua anak yang bersangkutan,'' kata Taufik, Rabu (24/1).

RM Harry Nugroho yang kini menjabat Plt Bupati Batubara, maju sebagai bakal calon bupati berpasangan dengan Muhammad Syafii. Pasangan ini diusung empat parpol, yakni Nasdem, Hanura, PKS, dan PAN.

Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga mengatakan, sesuai ketentuan KPU, bakal calon kepala daerah seharusnya tidak bisa lagi mengundurkan diri saat ini. Jika tetap mengundurkan diri maka parpol yang mengusung bakal calon itu juga akan dianggap gugur.

Apalagi, kata Benget, para bakal pasangan calon sudah menandatangani formulir B4-KWK. KPU Partai Politik yang menyatakan sepakat untuk dicalonkan dan mengikuti seluruh prosedur. Harry disebut-sebut belum berkoordinasi dengan partai pengusungnya atas pengunduran diri itu.

''Pergantian itu hanya bisa dilakukan dengan tiga alasan, masalah kesehatan ketika tes kesehatan kemarin. Jedua, berhalangan tetap, bisa karena meninggal bisa karena sakit permanen. Ketiga, terkena pidana hukum berdasarkan keputusan tetap pengadilan,'' kata Benget. ***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/