Peringatan Tsunami Dicabut 3,5 Jam Pasca Gempa Alaska 7,9 SR

Peringatan Tsunami Dicabut 3,5 Jam Pasca Gempa Alaska 7,9 SR
(kompas.com)
Selasa, 23 Januari 2018 22:21 WIB
ANCHORAGE - Gempa bumi berkekuatan 7,9 skala Richter (sebelumnya disebut 8,1 SR) mengguncang Alaska, Amerika Serikat, Selasa (23/1/2018) dini hari, pukul 00.31 waktu setempat. Gempa berpusat pada 300 kilometer sebelah tenggara Kodiak di kedalaman 10 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami AS sempat memgeluarkan peringatan dini tsunami menyusul gempa bumi di pesisir Alaska tersebut. Namun beberapa jam kemudian, peringatan tsunami itu dicabut.

''Peringatan tsunami dikeluarkan menyusul terjadinya gempa, namun kini sudah tidak lagi menjadi ancaman,'' tulis pesan yang disampaikan Pusat Peringatan Tsunami AS sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

Peringatan akan gelombang tsunami semula diberlakukan di seluruh pesisir barat Amerika, termasuk California, British Columbia (Kanada), dan Alaska.

Pemerintah kota Anchorage bahkan sudah memperingatkan warga di pesisir bahwa muncul potensi ancaman terhadap jiwa manusia dan properti warga.

Peringatan dini ancaman tsunami juga diberikan kepada sejumlah wilayah di Pasifik seperti Hawaii, Guam, dan Samoa Amerika. ***

Editor:hasan b
Sumber:kompas.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww