Tingkatkan Mutu Guru Madrasah, Kemenag Kerja Sama dengan Bank Dunia

Tingkatkan Mutu Guru Madrasah, Kemenag Kerja Sama dengan Bank Dunia
Seorang guru honorer melakukan proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Bandung III Jombang, Jawa Timur, Selasa (24/11). (republika.co.id)
Kamis, 18 Januari 2018 08:55 WIB
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah terus berusaha meningkatkan mutu para guru yang mengajar di Madrasah.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu guru Madrasah tersebut, Direktorat GTK Madrasah mengadakan pertemuan dengan Bank Dunia untuk membahas kerjasama peningkatan kualitas guru Madrasah, Rabu (17/1).

Direktur GTK Madrasah Suyitno mengatakan bentuk kerja sama ini, mengkolaborasikan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Direktorat GTK Madrasah dengan program pelatihan guru (Teacher Traning Program) dari Bank Dunia.

''Kolaborasi ini penting, mengingat Direktorat GTK Madrasah selama ini masih fokus pada pemenuhan hak guru seperti tunjangan. Sehingga, fokus Direktorat GTK belum maksimal pada peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan madrasah,'' tutur Suyitno kepada republika.co.id, Jakarta, Kamis (18/1).

Suyitno menekankan, peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia harus mulai dari peningkatan kualitas guru. Setelah itu,peningkatan dilakukan pada aspek lain seperti kurikulum, sarana dan lainnya.

Sementara Perwakilan Bank Dunia, Susiana Bhandar, menambahkan hasil riset Bank Dunia memperlihatkan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, 32 persen tergantung pada guru.

''Bahkan dalam skala sekolah, faktor guru itu sampai 81 persen, baru selebihnya sarana prasarana dan lain-lain,'' ujar Susiana.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww