Tahun Politik Diprediksi Tak Pengaruhi Kondisi Ekonomi RI, Ini Alasannya

Tahun Politik Diprediksi Tak Pengaruhi Kondisi Ekonomi RI, Ini Alasannya
Kamis, 18 Januari 2018 23:04 WIB
JAKARTA - Banyak orang khawatir terhadap kondisi ekonomi di tahun 2018. Pasalnya, tahun ini dikenal sebagai tahun politik di mana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dilaksanakan serentak di banyak daerah Indonesia.

Namun, Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya justru menilai bahwa pada dasarnya kondisi ekonomi di tahun politik akan lebih berjaya.

Pria yang akrab disapa Toto ini mengatakan pengaruh politik terhadap dunia pasar modal tidak separah ketakutan kebanyakan orang. Pasalnya ketakutan tersebut cenderung tidak terjadi.

Ia memberi contoh ketika aksi demo 212 yang tidak berpengaruh terhadap pasar modal. Demo tersebut justru berpengaruh pada kondisi politik.

"Pengaruh politik terhadap dunia pasar modal enggak seheboh dan seekstrem orang berspekulasi. Demo 212 ternyata juga enggak ngaruh banyak. Ada hal ekstrem harus cabut saham atau enggak, tapi lebih berpengaruh Pileg sama Pilpres," katanya di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2018).

Sehingga, ia memaparkan bahwa kondisi ekonomi yang bisa memberikan dampak ke politik. Sebab ia menilai seluruh kejadian politik didasarkan oleh kondisi ekonomi.

"Ekonomi lah yang lebih memberikan impact ke politik. Bukan politik ke ekonomi. Seluruh dunia kerusuhan pergantian rezim biasanya selalu didahulukan oleh krisis ekonomi," tutupnya. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:medanbisnisdaily.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77