Sekarang.., Utang Pemerintah ke Pertamina dan PLN Hanya Tersisa Rp27 Triliun

Sekarang.., Utang Pemerintah ke Pertamina dan PLN Hanya Tersisa Rp27 Triliun
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Selasa, 16 Januari 2018 20:06 WIB
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan masih memiliki tunggakan utang subsidi yang tersisa sebesar Rp27 triliun. Adapun utang tersebut kepada dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero).

Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani menjabarkan dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hingga 2016 tercatat utang pemerintah ke Pertamina sebesar Rp20 triliun, sementara ke PLN sebesar Rp12 triliun.

"Tapi di 2017 ini kita sudah cicil ke PLN Rp5 triliun, sehingga estimasi masih ada Rp7 triliun," kata Askolani, di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 15 Januari 2018.

Selain itu, Askolani mengatakan, pemerintah juga masih memiliki tunggakan subsidi pupuk di atas Rp10 triliun. Menurutnya untuk menyelesaikan tunggakan tersebut pemerintah telah mencadangkan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

Tentunya pembayaran akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan mekaisme dan kemampua fiskal negara. "Sejalan dengan audit BPK di 2016, BPK sudah meminta pemerintah untuk mencadangkan dan estimasi kita bisa selesaikan dalam satu sampai dua tahun ini," tutur Askolani.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku dirinya seperti kembali pada 10 tahun lalu saat pertama kali menjadi Menkeu yang tugasnya membersihkan APBN. Oleh karenanya Ani, sapaan akrabnya, berharap dengan pelunasan subsidi satu per satu bakal membersihkan dan menyehatkan APBN.

"Jadi seperti 10 tahun yang lalu melunasi, semoga bersih lagi APBN-nya. Termasuk yang sudah kita bayar adalah BBM untuk TNI, tapi ini kredibilitas APBN jadi mekanismenya sesudah audit, dan mengikuti alokasi APBN," pungkas Ani. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:metrotvnews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww