Speed Boat Terbalik, 8 Penumpang Tewas, Puluhan Orang Belum Ditemukan

Speed Boat Terbalik, 8 Penumpang Tewas, Puluhan Orang Belum Ditemukan
Petugas penyelamat mencari para korban speed boat terbalik, Senin (1/1/2018).
Senin, 01 Januari 2018 14:33 WIB
NUNUKAN - Speed boat Anugrah Express terbalik setelah menabrak batang kayu yang hanyut di Sungai Sesayap, Kabupaten Tanjung Selor, Kalimantan Utara, Senin (1/1/2018), sekitar pukul 08.40 Wita.

Dikutip dari kompas.com, Tono, kepala Markas PMI Kabupaten Bulungan yang langsung turun ke lokasi kejadian, mengatakan, kapal cepat itu terbalik saat berlayar menuju Kota Tarakan.

''Informasinya nabrak batang kayu hanyut yang tidak kelihatan. Ini baru informasi dari sejumlah penumpang, kita belum bisa pastikan penyebab utamanya,'' ujarnya, Senin.

Saat ini, gabungan tim SAR dari sejumlah instansi sedang melakukan upaya penyisiran di lokasi tenggelamnya SB Anugrah Express yang tak jauh dari dermaga Tanjung Selor.

Bangkai speedboat Anugrah Express saat ini juga telah diamankan di pinggir Sungai Sesayap.

“Speed boat-nya sudah ditarik ke dekat dermaga. Saat ini, tim SAR sedang menyisir sungai sesayap untuk mencari korban,” imbuh Tono.

Dari data sementara, SB Anugrah Express membawa lebih 43 penumpang, sementara korban yang ditemukan meninggal dan dievakuasai ke beberapa rumah sakit telah mencapai 8 orang. Sebanyak 12 orang ditemukan selamat, sementara puluhan penumpang lainnya masih belum diketahui nasibnya.

''Data sementara yang meninggal menurut laporan 8 orang. Ini sudah dievakuasi ke beberapa tempat,'' ucap Tono.

Tabrak Batang Kayu

Dikutip dari medeka.com, speedboat Anugrah Express berangkat dari Dermaga Kayan II menuju Tarakan, sekitar pukul 08.15 WITA. Di tengah perjalanan, kurang 30 menit kemudian, speedboat menabrak batang pohon di sungai.

Suara tabrakan speedboat menghantam batang pohon itu membuat penumpang panik. Insiden itu membuat speedboat menjadi oleng ke kanan dan kemasukkan air, hingga akhirnya terbalik.

Pihak kepolisian membenarkan penyebab terbaliknya speedboat usai menabrak benda di perairan sungai. ''Ya, kejadian awalnya karena menabrak batang pohon di tengah perairan sungai,'' kata Kapolres Bulungan AKBP Muhammad Fachry, kepada merdeka.com, Senin (1/1).

Fachry belum bisa menjelaskan panjang lebar terkait korban selamat maupun korban meninggal dalam peristiwa itu. ''Nanti ya akan disampaikan. Kami masih di TKP (lokasi kejadian speedboat terbalik),'' ujar Fachry.***

Editor:hasan b
Sumber:kompas.com dan merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww