Perahu Tenggelam di Danau Cirata, 6 Korban Belum Ditemukan

Perahu Tenggelam di Danau Cirata, 6 Korban Belum Ditemukan
Proses pencarian korban perahu tenggelam. (tribunnews.com)
Senin, 25 Desember 2017 13:13 WIB
BANDUNG - Pencarian terhadap para korban yang tenggelam akibat perahu bocor di Danau Cirata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terus dilakukan tim penyelamat. Hari ini, Senin (25/12/2017), pencarian sudah memasuki hari ke-lima.

Enam korban masih dinyatakan hilang, yakni: Rus (P) 50 tahun, Dadang (L) 60 tahun, Cicah (P) 60 tahun, Iyat (P) 60 tahun, Siti (P) 10 tahun dan Dudun (L) 8 tahun.

Ratusan tim penyelamat dikerahkan untuk melakukan pencarian korban. Tim yang terlibat dalam proses pencarian korban tenggelam adalah Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung sebanyak 15 personel, Satpol Air Polda Jabar sebanyak 10 personel, dan BPBD Provinsi Jabar sebanyak 5 orang.

Kemudian diturunkan juga personel dari Polda Jabar sebanyak 30 orang, SAR Brimob Polda Jabar sebanyak 25 orang, Shabara Polda Jabar sebanyak 10 orang, Koramil Maniis sebanyak 8 orang dan Dinas Perhubungan Purwakarta sebanyak 6 orang.

Selanjutnya dari Dinas Damkar dan PB Kabupaten Purwakarta sebanyak 3 orang, Polsek Maniis sebanyak 8 orang, Koramil Manis sebanyak 8 orang, Capung Jarum sebanyak 2 orang, dan Gemapala sebanyak 6 orang.

Pencarian juga telah dilakukan menggunakan peralatan yang dimiliki tim SAR.

Banjarnahor mengatakan pihaknya akan terus melakukan pencarian terhadap korban perahu tenggelam.

Insiden perahu bocor yang kemudian tenggelam di Danau Cirata, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Kamis (21/12/2017) sore, disebabkan perahu yang ditumpangi melebihi muatan.

Menurut Afif, petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta, satu perahu berpenumpang 14 orang. ''Jadi ada dua perahu. Satu perahu ditumpangi 14 orang dari Pulau Pasir Tangkil menuju pulang. Dari Pasir Tangkil untuk berkebun dan pulangnya bawa hasil kebun. Perahunya kelebihan muatan karena bawa 14 orang dan hasil kebun. Di tengah danau, perahu bocor, 8 orang berhasil diselamatkan dan sisanya masih hilang,'' ujar Afif melalui ponselnya.

Korban selamat berhasil dievakuasi oleh satu perahu berpenumpang tujuh orang. ''Jadi saat kejadian, satu perahu lainnya langsung mengevakuasi korban dari kapal yang tenggelam. Korban pun langsung dibawa ke pinggir danau,'' ujar Afif.

Jarak lokasi tenggelam hingga ke pinggir danau sekitar dua kilometer. ''Kapal tenggelam di tengah danau dengan jarak ke pinggiran danau sekitar 2 km. Kedalaman air di lokasi kejadian sekitar 50 meter,'' ujar Afif.

Saat ini, pencarian dihentikan sementara karena kondisi yang gelap. Meski begitu, petugas masih bersiaga di pinggiran danau. ''Pencarian dihentikan, kemungkinan besar 6 orang hilang ini meninggal mengingat waktu dan kedalaman air 50 meter,'' ujar Afif.***

Editor:hasan b
Sumber:tribunnews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww