Pejabat Riau Korupsi Dana Tugu Antikorupsi, Begini Tanggapan Mendagri

Pejabat Riau Korupsi Dana Tugu Antikorupsi, Begini Tanggapan Mendagri
Peresmian Tugu Antikorupsi. (tribunnews)
Kamis, 30 November 2017 23:54 WIB
JAKARTA - Staf ahli Gubernur Riau Dwi Agus Sumarno (DAS) ditetapkan Kejaksaan Tinggi Riau sebagai tersangka kasus korupsi dana pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Tugu Antikorupsi.

Dikutip dari merdeka.com, menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah telah memberikan sistem pengawasan yang bagus namun sistem pengawasan tersebut belum bisa dibilang cukup.

''Sistemnya sudah bagus. Sistem pengawasan yang Pak Wapres menyampaikan enam, masih kurang loh, Ombudsman masih jadi pengawasan, belum LSM, belum pers masih meningkat terus, apa yang salah?'' kata Tjahjo di Hotel Bidakara, Jakarta Pusat, Kamis (30/11).

Sebab itulah saat ini, kata Tjahjo, pemerintah tengah fokus untuk melakukan pencegahan korupsi, dengan cara melibatkan Kepolisian dan Kejaksaan.

"Lah ini kita bangun antara Inspektorat, Kepolisian dan Kejaksaan itu supaya pencegahan itu ada. Kalau ada penyusunan anggaran, ya harus benar dan jangan kongkalikong,'' ungkapnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga sempat memaparkan beberapa anggaran yang biasanya dijadikan lahan korupsi. Mulai dari RAPBD hingga pembelian barang dan jasa.

''Area rawan korupsi itu satu, perencanaan anggaran di situlah pernah pemerintah dan DPRD. Area rawan kedua dana hibah dan dana bansos. Area rawan ketiga adalah retribusi dan pajak. Keempat adalah pembelian barang dan jasa,'' ucapnya

''Itu sudah kami ingatkan terus dan Jambi masuk dalam konteks perencanaan anggaran. Jadi harus ada dua pihak yakni harus ada oknum DPRD dan oknum pemdanya,'' tandasnya.

Untuk diketahui, Kejaksaan Tinggi Riau akhirnya menahan Staf Ahli Gubernur Riau Dwi Agus Sumarno (DAS) karena diduga terlibat kasus korupsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Tugu Antikorupsi di Pekanbaru, Rabu (29/11). Saat kasus itu terjadi, tersangka Dwi sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau.

Dalam kasus ini, DAS selaku mantan Kadis PU Riau yang memimpin jalannya proyek pembangunan RTH dan Tugu Anti Korupsi. Peresmian tugu itu juga dihadiri Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Raharjo.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww